Ini Konsep Smart City di Palestina Sampai Jepang

Bandung -Republik Seychelles. Mungkin negara ini masih terdengar asing. Meski negara kepulauan di Samudera Hindia ini sekitar 3 tahun lalu menjadi perbincangan, karena menjadi tempat bulan madu Pangeran William dan Kate Middleton.

Victoria adalah salah satu kota terbesar di Seychelles. Jacqueline Moustanche-Belle, Wali Kota Victoria, menjadi salah pembicara dalam acara Asia-Africa Smart City Summit yang merupakan rangkaian dari peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).

Moustanche-Belle mengatakan, konsep smart city atau kota pintar yang dirancang di wilayahnya berbeda dengan Bandung. Karena dari sisi jumlah penduduk saja, Bandung memiliki jutaan orang di dalamnya. Sedangkan Victoria hanya 90.000 orang.

"Bandung adalah kota maju yang hebat. Kalau masalah di Bandung adalah kemacetan, tentu memang karena penduduknya banyak dan ekonominya maju. Sedangkan kami hanya 90.000 orang," ungkapnya di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu (22/4/2015).

Namun, lanjut Moustanche-Belle, bukan berarti di Victoria tidak ada kemacetan. Ini hanya disebabkan oleh jalan yang sangat sempit.

"Lahan kita sangat sempit. Jadi bila Anda ke sana dan merasakan macet, itu bukan karena kendaraan atau penduduk tapi jalannya memang kecil. Tidak sebesar dan sebanyak yang ada di Bandung. Ruang baru kami dapat ketika dilakukan reklamasi pantai," jelasnya.

Moustanche-Belle juga mengatakan, kotanya tidak akan bisa memberikan area khusus untuk internet gratis seperti Bandung karena keterbatasan dana.Next

(mkl/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com