Pengamat: Kenaikan Harga BBM Jadi Rp 8.000/Liter Efektif Kurangi Konsumsi

Jakarta -Wacana yang dikeluarkan pemerintah untuk pembatasan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi memang sudah cukup banyak. Mulai dari puasa konsumsi ketika hari libur, transaksi non tunai, hingga pengurangan nozel di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Akan tetapi, tetap saja wacana tinggal wacana. Tak ada yang terealisasi. Ini pula yang membuat Badan Anggaran DPR sempat melontarkan komentar bahwa program pembatasan konsumsi BBM di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nol besar.


Pengamat energi ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan, pada dasarnya target dari program-program tersebut adalah mengurangi konsumsi BBM. "Selama inti permasalahan kita yaitu subsidi masih besar dan sulit untuk mengurangi konsumsi BBM. Apalagi program yang ada tidak sesuai antara biaya dengan manfaat," katanya kepada detikFinance, Minggu (13/7/2014).


Oleh karena itu, Komaidi menegaskan kebijakan yang paling tepat adalah menaikkan harga BBM bersubsidi menjadi Rp 8.000 per liter. Langkah ini dinilai mampu mengurangi beban anggaran negara, dan membantu pengembangan bahan bakar gas (BBG).


"Jadi paralel. Konversi ke gas juga bisa langsung, karena harganya pasti akan kompetitif," sebut Komaidi.


Sedangkan untuk program pembatasan, seperti yang sempat diwacanakan, menurutnya juga bisa dijalankan meski hasilnya tidak maksimal. "Paling kalau semua dilaksanakan bisa mengurangi konsumsi 1 juta KL (kiloliter). Tapi dengan harga BBM naik, konsumsi sudah pasti berkurang," ujarnya.


Ia mengakui, dalam waktu dekat memang tidak tepat bila kebijakan kenaikan harga diambil pemerintah. Menaikkan harga BBM baru bisa dilakukan oleh pemerintahan mendatang.


"Kalau dari visi-misi, kedua calon presiden ingin memperbaiki itu. Tapi kita tetap tunggu berani atau tidak, karena pastinya ini bukan kebijakan yang bisa menyenangkan masyarakat," jelasnya.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Whiz Prime Cifest Sasar Konsumen di Kawasan Industri Cikarang

Jakarta -Sebuah hotel baru berbintang 3 dibangun di kawasan Cikarang, Bekasi. Hotel bertarif mulai dari Rp 448.000/malam ini akan memenuhi kebutuhan khususnya di dekat kawasan industri.

Hotel yang bernama Whiz Prime Cifest ini merupakan hasil kerjasama antara ISPI Group dan Inti Whiz. Hotel ini mempunyai 122 kamar dan dilengkapi 8 ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 300 orang.


Komisaris Utama Ispi Group, Preadi Ekarto mengatakan, hotel ini dibangun di Cifest Walk yang merupakan kawasan yang berada di sekitar 1.000 industri Bekasi International Industrial Estate seperti Hyundai, EJIP, Sumitomo, Delta Silicon, dan sejumlah perusahaan besar lainnya. Mereka umumnya berasal dari Jepang dan Korea Selatan.


“Ini lah salah satu alasan mengapa ISPI Group membangun Hotel Whiz disini. Kebutuhan terhadap hotel di kawasan ini masih cukup tinggi. Hadirnya Whiz Hotel ini, diharpakan mampu mengisi kekurangan pasokan hotel di kawasan industri seperti Cikarang,” kata Preadi dalam siaran pers, Minggu (13/7/2014).


Preadi menjelaskan, dengan nilai investasi lebih dari Rp 500 miliar yang sudah ada dan sudah disiapkan Rp 300 milyar yang akan digelontorkan ke depannya, ISPI Group akan mengembangkan kawasan Cifest Walk, Cifest Hill, dan Vila Mutiara Cikarang seluas lebih dari 230 hektar lengkap dengan apartemen, hunian modern, dan commercial area.


Bersamaan dengan topping off hotel Whiz dan Opening Cafe; Palazzo Kopitiam, ISPI Group meluncurkan produk terbarunya yaitu La Fenza Shopping Arcade, berupa ruang usaha yang berada di Jalan Utama Cifest Hill yang merupakan pusat dari area yang dikembangkan. La Fenza dipasarkan dengan harga Rp 400 jutaan.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Pengurangan Nozel BBM Subsidi Batal, Pengamat: Memang Tidak Efektif

Jakarta -Pemerintah akhirnya membekukan wacana pengurangan jumlah nozel bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 59 kota/kabupaten. Wacana yang bertujuan agar orang makin antre beli BBM subsidi tersebut dinilai tidak efektif.

Pengamat energi ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro, menilai memang tidak ada kesesuaian antara program, biaya, dan manfaat sehingga daripada dilanjutkan memang lebih baik dihentikan.


"Untuk mengurangi nozel pasti ada biaya. Sementara manfaatnya tidak signifikan, jadi buat apa?" ujarnya kepada detikFinance, Minggu (13/7/2014).


Komaidi menuturkan, untuk program ini pastinya melibatkan kalangan swasta karena tidak semua SPBU dimiliki oleh PT Pertamina (Persero). Dia meragukan swasta ingin mengeluarkan anggaran besar untuk program tersebut.


Sementara bila dibebankan ke APBN, menurutnya juga tidak relevan. Saat ini anggaran untuk belanja subsidi BBM sudah sangat besar.


"Kalau pengusaha sulit untuk membayar operasional. Terus kalau di APBN juga tidak mungkin dibebankan," katanya.


Hal yang sama, kata Komaidi, sebenarnya sudah terlihat dalam program Radio Frequency Identification (RFID). Sudah berjalan sekitar beberapa bulan, namun tidak ada dampak yang signifikan.Next


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Merger dengan 2 Perusahaan, CIMB Ingin Jadi Bank Terbesar di Malaysia

Jakarta -Bank kedua terbesar Malaysia, CIMB Group, sudah mendapatkan persetujuan dari bank sentral setempat untuk melakukan aksi merger dengan RHB Capital dan Malaysia Building Society. Dengan aksi korporasi ini, CIMB ingin menjadi bank terbesar di Malaysia.

Rencana merger ini muncul karena diharapkan sektor finansial Malaysia bisa mewujudkan visi pemerintah menjadikan Malaysia sebagai negara berkembang pada 2020. Targetnya adalah melipatgandakan pendapatan per kapita menjadi US$ 15.000 dalam 6 tahun ke depan.


"Potensi merger ini akan memiliki total aset 641 miliar ringgit (Rp 2.300 triliun). Ini akan menggeser Maybank dari posisinya yang memiliki total aset 578 miliar ringgit (Rp 2.080 triliun)," sebut harian Straits Times seperti dikutip dari kantor berita AFP, Minggu (13/7/2014).


Kamis lalu, CIMB, RHB Capital yang merupakan bank keempat terbesar Malaysia, dan Malaysia Building Society telah mencapai kesepakatan untuk melakukan merger dan membuat 3 entitas tersebut sebagai 'pembentukan bank syariah yang besar'.


"Ada kasus untuk menciptakan nilai merger di antara 3 entitas ini dan kami ingin berdiskusi lebih detil untuk memvalidasi itu," kata Direktur Eksekutif CIMB Group Nazir Razak.


Adik dari PM Malaysia Najib Razak ini direncanakan meninggalkan posisi CEO pada September dan akan menjadi Chariman. Pada prospek pembentukan bank syariah yang besar alias Mega Islamic Bank, CEO Malaysian Building Society Ahmad Zaini Othman mengatakan: "Peluang untuk menjadi bagian dari Mega Islamic Bank adalah hal yang menarik bagi kami, dan kami ingin terlibat," katanya.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Hari Ini, CT Akan Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Malaysia

Jakarta -Menko Perekonomian Chairul Tanjung tengah berada di Malaysia. Pria yang akrab disapa CT ini akan menerima gelar Doktor Honoris Causa.

Gelar Doktor Honoris Causa di bidang kewirausahaan untuk CT diberikan oleh UiTM Malaysia. UiTM merupakan salah satu universitas terkemuka di Negeri Jiran.


Bersama sejumlah wartawan, detikFinance saat ini sudah berkumpul di Bandara Halim Perdanakusuma, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (13/7/2014).


Menurut jadwal, rombongan akan tiba di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) pukul 15.00 waktu setempat. Dari situ akan langsung berangkat menuju kampus UiTM di Shah Alam, Selangor, Malaysia.


Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada CT itu rencananya akan dihadiri Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong Tuanku Abdul Halim Mu'adzam Shah. CT juga dijadwalkan melakukan serangkaian kegiatan lain di sana.


CT sebelumnya pernah mendapatkan gelar Doktor HC dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya di bidang ekonomi pembangunan. Selain itu, lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tahun 1987 itu juga mendapat gelar Doktor HC dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung di bidang Ilmu Ekonomi Kewirausahaan.


(bar/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Salurkan Rp 2,7 Triliun, Induk Koperasi NU Gandeng Perusahaan Syariah Singapura

Jakarta -Induk Koperasi Syirkah Muawwanah Nusantara atau Inkopsimnus meluncurkan Program Nusa Makmur Syariah Microfinance. Divisi Nusa Makmur nantinya akan menyaluran modal usaha tanpa agunan untuk usaha rumahan berskala kecil.

Program Nusa Makmur Syariah Microfinance ini merupakan hasil kerja sama dengan Raptor Capital Management (RCM), perusahan investasi syariah yang berpusat di Singapura. Program ini nantinya akan menggelontorkan dana kemitraan untuk tahap awal mencapai US$ 250 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun.


Menurut Sekretaris Pengurus Pusat Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Achmad Solechan, dana atau modal usaha akan disalurkan melalui bank atau koperasi-koperasi primer yang menjadi mitra Inkopsimnus. DNM atau Divisi Nusa Makmur akan menggelontorkan modal usaha ke anggota untuk tahap awal maksimal Rp 15 juta.


“Ini dimaksudkan untuk pemberdayaan masyarakat NU, dalam hal ini pelaku home industry kecil yang masih kurang memiliki akses permodalan. Dana ini akan diberikan tanpa agunan, namun dengan rekomendasi dari kiai NU, sesama anggota peminjam, dan setelah melalui uji kelayakan dari koperasi yang menyalurkan,” katanya dalam siaran tertulis yang diterima detikFinance, Minggu (13/7/2014).


Induk Koperasi Syirkah Muawwanah Nusantara atau Inkopsimnus sendiri diketuai oleh KH Muhyidin Arubusman yang juga salah satu ketua PBNU, dan sekretaris H Mustholihin Madjid yang juga Ketua Pengurus Pusat LPNU.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Harga Tiket Final Piala Dunia 2014 Bisa Mencapai Rp 200 Juta

Jakarta -Piala Dunia 2014 akan memainkan partai terakhirnya pada Senin (13/7/14) dini hari nanti. Pertandingan yang akan berlangsung di stadion Maracana ini mempertemukan Argentina dan Jerman.

Badan sepakbola dunia, FIFA, memang sudah menyatakan bahwa tiket untuk menonton langsung partai final di stadion berkapasitas 75 ribu orang ini telah habis terjual. Namun para penggemar sepakbola masih mencari tiket yang dijual oleh berbagai pihak.


Jika Anda ingin membeli tiketnya, maka butuh dana yang tidak sedikit. Seperti dikutip dari CNN, Minggu (13/7/2014), tiket final Piala Dunia dibanderol dengan harga US$ 3.000-20.000 (Rp 30-200 juta).


Di situs jual-beli eBay, harga tiket pertandingan Argentina vs Jerman berkisar antara US$ 3.000-12.000 (Rp 30-120 juta). Dengan sistem lelang, nilainya bisa lebih tinggi lagi. Sementara di Viagogo, harganya berkisar US$ 5.000- 20.000 (Rp 50-200 juta).


Padahal sejatinya, tiket resmi untuk partai final ini dihargai US$ 440-990 (Rp 4,4-9,9 juta). Harga tiket yang dikatrol berkali-kali lipat sebenarnya ilegal di Brasil. Menjual tiket jauh di atas harga aslinya merupakan tindakan kriminal.


Bahkan ada risiko tiket yang sudah dibeli jauh lebih mahal dari harga aslinya ini ternyata palsu. Risiko ini sudah dikemukakan oleh para penggemar sepakbola di Brasil. FIFA juga menegaskan tidak akan menerima tiket palsu di pintu masuk stadion.


Sementara itu, permintaan tiket Piala Dunia 2014 ternyata datang dari tempat yang tidak biasa, yaitu Amerika Serikat (AS). Di Negeri Paman Sam, popularitas sepakbola masih kalah dengan basket, bisbol, atau American football. Namun, semakin banyak warga AS yang menyukai sepakbola.


Menurut Viagogo, pembelian tiket oleh warga AS bahkan melebihi negara-negara dengan tradisi sepakbola yang lebih mengakar seperti Argentina, Meksiko, Portugal, Prancis, dan Italia. Faktor yang mendorongnya adalah kedekatan lokasi antara AS dengan Brasil dan meningkatnya popularitas sepakbola di negara adidaya tersebut.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Presiden Baru Perlu Rampingkan Struktur Pemerintahan

Jakarta -Rakyat Indonesia telah melaksanakan pemilihan presiden (pilpres). Hasilnya pun sudah sedikit bisa terbaca melalui hasil hitung cepat (quick count).

Sejumlah lembaga survei merilis hasil quick count yang berbeda. Sejumlah lembaga survei seperi Puskaptis, LSN, JSI, dan IRC memenangkan pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Sementara Litbang Kompas, RRI, SMRC, CSIS-Cyrus, Pol Tracking, LSI, Indikator Politik, dan sejumlah lembaga lain menetapkan pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla, sebagai pemenang pilpres.


Namun, David Sumual, Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), mengatakan hampir semua lembaga survei menyatakan Jokowi-JK memenangi pilpres. "Hanya ada 4 lembaga yang berbeda. Masyarakat juga tahu lembaga mana yang kredibel. Lembaga yang menyebutkan Jokowi-JK saya rasa kredibel, seperti RRI," tuturnya kepada detikFinance, seperti dikutip Minggu (13/9/2014).


Ke depan, tambah David, pasar akan mencermati rencana-rencana yang akan dilakukan oleh Jokowi-JK bila sudah resmi memimpin Indonesia. Salah satunya adalah menyusun kabinet.


"Pak Jokowi sudah berjanji tidak akan menyusun kabinet berdasarkan bagi-bagi kursi. Kabinet dijanjikan akan diisi oleh kalangan profesional yang ahli di bidangnya," tegas David.


Bahkan, tambah David, jika memungkinkan Jokowi nantinya diharapkan bisa membuat struktur pemerintahan yang lebih ramping dan efisien. "Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah kementerian/lembaga terbanyak di dunia. Nantinya pembentukan kementerian/lembaga harus disesuaikan dengan visi-misi, jangan asal membuat lembaga baru dan menaruh orang karena kepentingan," paparnya.


Terlalu banyak kementerian/lembaga, menurut David, membuat pemerintah menjadi tidak efektif karena sulit berkoordinasi. "Belum lagi ternyata ada lembaga yang sebenarnya tidak perlu, tidak berjalan, dan tumpang tindih dengan yang sudah ada. Ini membuat pemerintahan tidak efektif," sebutnya.


Oleh karena itu, menurut David, Jokowi jika terpilih nanti bisa membenahi masalah tersebut. "Pak Jokowi sudah berjanji. Nanti kalau terpiih benar tidak mau menjalankan ini? Harus ditagih," katanya.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Manajemen Cipaganti Curhat Kantornya Sering Didatangi dan Diblokir Mitra Usaha

Jakarta -Corporate Secretary PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) Toto Moeljono menceritakan pengalaman tidak menyenangkan yang dialami manajemen dan karyawan perusahaan akibat kasus Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) yang menjerat tiga petingginya.

Banyak mitra koperasi yang mendatangi kantor perusahaan sejak perkara ini muncul ke permukaan karena imbal hasilnya tidak dibagikan lagi, walaupun sudah dijelaskan bahwa KCKGP dan CPGT sebagai badan usaha yang berbeda.


"Yang kami rasakan itu, kantor CPGT kami itu kan sama-sama dengan koperasi. Setiap hari dikunjungi oleh mitra, mereka menanyakan penyelesaian kasusnya," ucap Toto saat berbincang dengan wartawan di Coffee Institue, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Toto menjelaskan, kehadiran mitra ke kantor-kantor CPGT sejak ada sidang pengadilan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).


"Betapa tidak nyamannya kantor kami yang melayani jasa travel didatangi mitra koperasi yang menuntut, padahal di situ banyak customer (pelanggan travel)," kata dia.


Pengalaman lain yang juga dialami adalah pernah juga pool armada shuttle untuk pemberangkatan Shuttle Cipaganti diblokir oleh para mitra koperasi. "Pernah juga ada datang di pool kami, ya bisa dikatakan memblokir akses kendaraan. Tapi dengan adanya penyelesaian dan komunikasi yang baik, masalaha keamanan operasional bisa dijalankan lagi," tuturnya.


Dikatakannya, saat ini CPGT sedang mempersiapkan upaya terbaik untuk mendapatkan jalan keluar dan pada saat bersamaan berupaya memberikan penjelasan kepada publik atas adanya kerancuan antara CPGT dan KCKGP. "Hal tersebut terjadi karena sama-sama berada dalam satu Brand Image yaitu Cipaganti," tukas dia.


Dengan penjelasan ini, diharapakan kondisi perusahaan dapat kembali berjalan normal. "Sehingga operasional kami dapat normal kembali, investor kami percaya kembali dan saham kami bisa kembali ke harga wajar," pungkasnya.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Produsen Gula BUMN Tak Berdaya, Digempur Gula Rafinasi Impor

Jakarta -Pabrik gula pelat merah dan petani tebu selama tahun 2013 dan 2014 sangat terpukul dengan serbuan gula rafinasi atau gula kristal putih impor. Gula rafinasi yang seharusnya diperuntukan untuk industri ternyata merembes atau bocor ke pasar retail.

Akibatnya harga gula tebu lokal menjadi terpukul padahal biaya produksi relatif tinggi. Hal ini disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Serbuan gula rafinasi impor membuat Dahlan harus turun tangan. Ia telah menyampaikan kondisi yang menimpa teman-teman petani tebu dan pabrik gula BUMN kepada Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Mendag merupakan salah satu regulator produk ekspor dan impor.


"Saya minta atas persetujuan dan permintaan Mendag juga bahwa gula dari pabrik BUMN supaya nggak dilepas ke pasar sampai harga ini baik," jelasnya.


Mendag juga berencana mengeluarkan strategi mengatasi luberan gula refinasi. Namun Dahlan belum mau menyebut strategi Mendag di dalam menghentikan praktik nakal tersebut.


"Pak Mendag sampaikan ke saya, sudah temukan cara untuk kendalikan gula rafinasi dan saya percaya Mendag nggak main-main," jelasnya.


Pada kesempatan tersebut, Dahlan juga meminta agar izin impor gula tebu dan gula rafinasi diberikan kepada pabrik gula seperti kepada puluhan pabrik milik BUMN. Selama ini, impor justru diberikan kepada non pabrik gula.


"Supaya yang mengabdi dapat insetif. Jangan yang mengabdi terus tapi yang dapat insetif terus malah yang nggak punya pabrik," ujarnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Cari Dirut Baru, CPGT Gelar RUPSLB 7 Agustus 2014

Jakarta -Kepolisian Daerah Jawa Barat menahan direktur utama PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT), Andianto Setiabudi dan dua komisarisnya Djulia Sri Rejeki dan Yulinda Tjendrawati, terkait dugaan penipuan atas para mitra usaha Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP).

Akibatnya, saat ini terjadi kekosongan beberapa jabatan di susunan Komisaris dan Direksi perusahaan karena ketiga petinggi tersebut menduduki posisi yang strategis di perusahaan.


"Seperti Direktur Utamanya CPGT Andianto Setiabudi, Ibu Julia Sri Redjeki itu kakaknya Pak Andi dan itu Julia itu komisaris utama kami, dan satu lagi Yulianda Tjendrawati itu istrinya Pak Andi, dan dia sebagai komisaris. Dirut ditahan, Komut dan Komisaris juga ditahan," papar Toto saat berbincang dengan wartawan di Coffee Institute, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Terkait hal itu, dikatakan Toto, pihaknya akan segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk menindaklanjuti permasalahan kekosongan ini pada tanggal 7 Agustus 2014


"Operasional kita kan harus tetap jalan, jadi kita akan segera menggelar RUPS. Agenda RUPS-nya sudah dilaporkan ke OJK untuk tanggal 7 Agustus. Intinya prosesnya RUPS kita akan mengumpulkan pemegang saham. Agendanya juga ada perubahan anggaran dasar, kita lihat penyelesaiannnya bagimana karena kita memiliki brand yang sama, yang dimiliki koperasi, kita menunggu apa hasilnya pas tanggal 7 Agustus," sebut toto.


Diterangkannya pula, untuk sementara, kekosongan jabatan yang terjadi diharapkan tidak berdampak terhadap kinerja perusahaan karena saat ini kekosongan tersebut telah diisi oleh sejumlah pejabat yang tersisa.


"Memang dalam anggaran dasar kami diberikan kewenangan kalau Dirut tidak bisa hadir, digantikan oleh Wadirut yang yang mewakili. Dari 3 komisaris yang ada, 2 komisaris ditahan. Kan ada juga komisaris independen, secara korporasi tetep berjalan," tutur dia.


Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Barat menahan Djulia Sri Rejeki dan Yulinda Tjendrawati, petinggi perusahaan dan koperasi Cipaganti, Bandung, Senin, 23 Juni 2014.


Penahanan keduanya bersamaan dengan bos Cipaganti, Andianto Setiabudi. Penahanan mereka terkait dengan dugaan penipuan atas para mitra usaha Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada. Ketiga tersangka dijerat Pasal 372, 378, serta Pasal 55 Undang-Undang Hukum Pidana. Penahanan dilakukan untuk mencegah para tersangka melarikan diri dan menghilangkan barang bukti.


Andianto diduga menggunakan Koperasi Cipaganti untuk menghimpun dana dari masyarakat sejak 2008 hingga Mei 2014. Dana yang terhimpun dari 8.700 mitra senilai Rp 3,2 triliun.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Pertamina dan PLN Belum Mau Hedging Kurs Karena Takut Hukum

Jakarta -PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) masih belum melakukan hedging alias lindung nilai terhadap valuta asing atau kurs. Padahal kedua BUMN tersebut paling banyak memakai valuta asing untuk aktivitas bisnis di tengah gejolak nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjelaskan proses hedging belum dilakukan karena beberapa pertimbangan. Pertimbangan pertama adalah aktivitas bisnis kedua perusahaan yang memakai kurs tersebut banyak bersentuhan dengan subsidi BBM dan listrik.


Jika memakai uang perseroan, BUMN khawatir bisa berurusan hukum seperti dengan lembaga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kejaksaan.


"Untuk keperluan subsidi kemudian fee-nya siapa yang bayar karena subsidi dari negara nah PLN dan Pertamina minta kejelasan yang sangat jelas supaya tidak terjadi temuan BPK atau temuan Kejaksaan di kemudian hari," kata Dahlan usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Dahlan menjelaskan aktivitas hedging akan menimbulkan biaya layaknya premi asuransi. Pembayaran biaya ini seharusnya bisa dianggarkan oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena menyangkut biaya produksi untuk BBM subsidi dan listrik.


Sehingga dengan hedging ditanggung pemerintah maka perseroan tidak terbebani dan terancam masalah hukum di dalam melakukan penugasan penyaluran BBM dan listrik subsidi.


"Jadi misalnya besar subsidi X ditambah fee untuk hedging itu keinginan dari teman-teman karena ini menyangkut status hukum uang itu. Karena uang perusahaan apakah boleh untuk membayar fee yang itu katakanlah fee itu harusnya ditanggung oleh APBN," jelasnya.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Cipaganti Harap Presiden Baru Banyak Bangun Tol

Jakarta -PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) mengharapkan presiden terpilih dapat melanjutkan rencana pembangunan infrastruktur terutama jalan tol yang saat ini telah dicanangkan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal tersebut disampaikan Toto Moeljono selaku Corporate Secretary CPGT saat berbincang dengan wartawan di Coffee Institute, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


"Jalan tol itu sangat penting artinya bagi kinerja kami. Janji pemerintah itu kan ada 2.500 km tol Sumatera dan tambahan Tol di Jawa dan Kalimantan, tapi itu kan janji Presiden yang sekarang (Presiden SBY). Belum tahu Presiden yang terpilih nanti akan melanjutkan atau tidak. Lebih besar atau lebih kecil. Kita harapkan pemerintah yang baru bisa melanjutkan itu," kata Toto.


Toto menyebut, kinerja perusahaan terutama yang berbasis kendaraan antar jemput (shuttle) sangat bergantung dengan keberadaan infrastruktur jalan tol.


"Kalau (porsi pembangunan tol) dikecilkan pasti berdampak pada kinerja kami. Kalau dibesarkan kami bersyukur. Karena untuk bisnis shuttle ini sangat bergantung pada keberadaan jalan tol. Ini memastikan ketepatan waktu armada kami. Makin tepat waktu tentu kinerja makin baik," paparnya.


Benar saja, dari seluruh sektor bisnis yang dijalankan emiten transportasi ini, sektor shuttle memegang kontribusi paling besar dibanding dua sektor lainnya yakni taksi dan bus pariwisata.


"Kontribusi shuttle ke total kinerja perusahaan itu 70%. Shuttle itu banyaknya 1.200 unit, taxi hanya 800 unit, bus pariwisata 166 unit," papar dia lagi.


Pada kuartal pertama tahun 2014 perusahaan mencatatkan pendapatan hingga Rp 138,73 miliar. Artinya dari sektor shuttle, perusahaan mendapatkan kontribusi pendapatan hingga Rp 97,11 miliar.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Bagaimana Kelanjutan Tol Atas Laut Kalimantan Senilai Rp 6 Triliun?

Jakarta -PT Waskita Karya Tbk (WSKT) mengusulkan pembangunan tol laut Kalimantan senilai Rp 6 triliun. Tol ini akan menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara yang terisolasi dengan Kota Balikpapan di Kaltim yang lebih maju.

Lantas bagaimana kelanjutan mega proyek usulan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu? Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebut target pembangunan tol atas laut Kalimantan tertunda. Tol atas laut rencananya bisa mulai ground breaking pada Oktober tahun 2014 namun terkendala oleh rencana pembangunan fasilitas militer di area tol.


"Ternyata masih ada hambatan bahwa angkatan laut akan membangun proyek di lokasi itu sehingga kita harus revisi lagi," kata Dahlan usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Dahlan menyebut dirinya akan melakukan negosiasi dengan pihak TNI AL. Namun jika pembangunan fasilitas militer tidak bisa digeser lokasinya maka Waskita akan mengalah dan merevisi desain pengembangan tol.


"Jika sulit mungkin BUMN saja yang harus mengubah rutenya dan ini harus dibicarakan ulang," ujarnya.


Meskipun proyek tertunda, Dahlan menilai Waskita secara kemampuan untuk permodalan dan pengalaman telah siap menggarap tol atas laut.


"Yang Waskita, yang sebetulnya sudah sangat siap, tapi di lapangan masih ada dengan proyeknya angkatan laut tadi bagaimana menyelesaikannya," jelasnya.


Seperti diketahui sebelumnya, untuk membangun tol yang membentang sepanjang 5,6 km di atas laut dan 6,4 km di darat ini, Waskita akan menggandeng pemerintah daerah di Kaltim.


Pasalnya untuk membangun proyek 100% jalan tol tersebut, memerlukan investasi sekitar Rp 5,6 triliun sampai Rp 6 triliun. Selain itu, Waskita membutuhkan restu dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Perhubungan selaku regulator jalan tol.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Manajemen Cipaganti Kecewa Sahamnya Turun Gara-gara Koperasi Bermasalah

Jakarta -Manajemen PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) mengeluhkan penurunan nilai saham perusahaan akibat Kasus penipuan bagi hasil Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Hal tersebut otomatis berdampak pada bidang usaha Cipaganti Group. Salah satunya dengan terjadinya penurunan nilai saham di PT Cipaganti Citra Graha Tbk," ujar Corporate Secretary Toto Moeljono saat berbincang dengan wartawan di Coffee Institute, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Sejak berita perihal penipuan ini muncul, saham perusahaan terus mengalami penurunan. Tercatat pada tanggal 17 Juni saham perseroan mengalami penurunan ke level Rp 88 per lembar saham.


Padahal harga penawaran saham perusahaan saat penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) ditetapkan pada level Rp 190.


Sempat naik ke level Rp 90 pada tanggal 18 Juni 2013, saham perusahaan terus mengalami penurunan tajam hingga Rp 80 per lembar saham pada tanggal 23 Juni 2014 atau bertepatan dengan penangkapan yang dilakukan Kepolisian Daerah Jawa Barat terhadap Djulia Sri Rejeki dan Yulinda Tjendrawati, petinggi perusahaan dan koperasi Cipaganti.


Bahkan, pada sehari sesudahnya yakni tanggal 24 Juni 2014, saham perusahaan kembali terjun bebas ke level Rp 67 per saham. Bahkan sempat menyentuh level terendah di angka Rp 54 per lembar saham pada 26 Juni 2014.


Toto berpandangan, pelemahan ini sendiri lebih diakibatkan oleh kuranya pemahaman dari para investor yang menyebabkan timbulnya kekhawatiran berlebih terhadap kelangsungan kinerja perusahaan.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Ekonomi Sumatera Bisa Maju dengan Adanya Tol 2.700 Km

Jakarta -Pembangunan ruas tol Trans Sumatera sepanjang 2.700 kilo meter (km) sudah sangat dinanti-nanti masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Pembangunan infrastruktur jalan tol dinilai mampu mendorong pertumbuhan dan menggerakkan ekonomi di seluruh wilayah Sumatera.

Konsep pembangunan tol tersebut terbukti mampu mengerek perekonomian di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.


"Pengembangan ekonomi wilayah cepat. Teori secara negara terjadi, Amerika menjadi booming setelah jaringan jalan tol jadi. Itu ditiru oleh Tiongkok. Sekarang seluruh jalan tol di Tiongkok sudah menghubungkan kabupaten," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Dahlan menjelaskan tujuan utama pengembangan Tol Trans Sumatera adalah untuk pengembangan kawasan dan infrastruktur di Pulau Sumatera. Tujuan untuk memecah laju kemacetan bukan menjadi pertimbangan utama.


"Trans Sumatra tidak untuk efisiensi tapi mengembangkan ekonomi dan infrastruktur. Tentu kalau mau sebut efisiensi ya mengurangi kemacetan setempat tapi itu bukan tujuan utama lah, tujuan utamanya pengembangan daerah," sebutnya.


Seperti diketahui PT Hutama Karya (Persero) sebagai BUMN akan membangun Tol Trans Sumatera. Rencananya pembangunan atau ground breaking dimulai pada 9 Oktober 2014.


Untuk tahap awal, Hutama Karya akan membangun 4 ruas yakni: ruas Medan-Binjai sepanjang 16,8 km, ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 km, ruas Palembang-Inderalaya sepanjang 22 km dan Bakauheni Lampung-Terbanggi Besar sepanjang 150 km. Investasi yang diperlukan untuk membangun 4 ruas tersebut sekitar Rp 330 triliun.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Koperasinya Bermasalah, Cipaganti Sulit Dapat Utang

Jakarta -Kasus penipuan bagi hasil Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP), membuat PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) harus ikut menelan pil pahit.

Lantaran tiga petingginya ikut terseret dalam perkara tersebut, sejumlah vendor kebingungan begitu juga para investor dan kreditur pemberi pinjaman yang berakibat pada turunnya harga saham perusahaan.


"Dampaknya itu seluruh stakeholders kami bingung dan khawatir akan keberlangsungan CPGT terbuka. Itu adanya pertanyaan dari OJK dan pihak BEI secara tertulis dan hearing. Yang kami rasakan itu adalah vendor mem-freeze (bekukan) fasilitas pinjaman keuangan kami," kata Toto di Coffee Institute, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Toto menyebutkan, dari laporan keuang perusahaan, tercatat total fasilitas pinjaman yang dimiliki perusahaan adalah Rp 660 miliar yang bersumber dari sejumlah lembaga pembiayaan termasuk salah satunya dari PT CIMB Niaga Tbk (BNGA) sebesar Rp 250 miliar.


"Beberapa lembaga keuangan membekukan fasilitas kredit dan berusaha menarik jaminan. Pinjaman kami ada Rp 660 miliar dari beberapa lembaga keuangan," papar dia.


Dana itu sedianya akan dipergunakan untuk mendukung permodalan perusahaan seperti penambahan armada dan kebutuhan investasi lainnya.


Di tahun ini sendiri perusahaan berencana menambah 650 unit armada baru dengan jumlah 350 unit taksi dan sisanya unit shuttle dan services.


Akibat permasalahan ini, sejumlah vendor penyedia kendaraan terpaksa menahan pasokan kendaraan kepada perusahaan sambil menunggu kejelasan tindak lanjut perkara ini.


"Beberapa vendor menunda pasokan, dan investor wait and see," pungkasnya.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Dahlan Iskan: Tol Trans Sumatera Mulai Dibangun 9 Oktober

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menegaskan pembangunan mega proyek Tol Trans Sumatera akan dimulai atau groundbreaking pada 9 Oktober 2014.

Groundbreaking dilakukan sebelum berakhirnya periode pemerintahan 2009-2014 namun dengan syarat Peraturan Presiden (Perpers) penugasan telah keluar dan diberikan ke pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelum akhir Juli 2014.


"Prinsipnya 9 Oktober groundbreaking tentu apabila Perpres bisa keluar paling lambat 21 Juli," kata usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Pengembangan ruas Tol Trans Sumatera akan dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero). Tahap awal sebelum dimulai pengembangan, Hutama Karya bersama Kementerian BUMN mengurus turunnya Perpers penugasan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditargetkan pada tanggal 21 Juli telah menandatangani Perpers Tol Trans Sumatera.


"Sekarang Perpres masih diolah, difinalkan di menko karena menko juga ingin cepat sehingga perkiraan kita dalam waktu 10 hari Perpres keluar," jelasnya.


Sambil menunggu Perpers penugasan, Hutama Karya akan menyampaikan business plan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) selaku regulator jalan tol. Restu dari BPJT juga diperlukan sebagai prasyarat untuk memperoleh pinjaman dari perbankan.


"Secara pengerjaan hitungan bisnis cuma business plan ini mesti diajukan Menteri PU untuk disetujui," sebutnya.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Manajemen Tegaskan Cipaganti Tbk Berbeda dengan Koperasi Cipaganti

Jakarta -Manajemen PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) hari ini mengumpulkan awak media. Manajemen bermaksud meluruskan perkara Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) yang belakangan mempengaruhi harga saham perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Corporate Secretary CPGT Toto Moeljono mengatakan, saat ini ada kebingungan dan kesalahpahaman yang terjadi di kalangan investor terkait perkara yang menimpa KCKGP.


Kesalahpahaman ini muncul karena para investor menganggap KCKGP adalah satu kesatuan karena sama-sama mengusung label Cipaganti sebagai nama badan usahanya. Untuk itu, ia ingin menjelaskan bahwa Koperasi Cipaganti dan Cipaganti Tbk adalah dua badan hukum yang saling terpisah.


"Terus terang ini kesempatan yang baik, penjelasan disampaikan lebih detail, apa selama ini terjadi. Selama ini yang terjadi adalah dianggap CPGT dengan koperasi adalah satu kesatuan, riilnya memang betul, satu kesatuan, itu termasuk Cipaganti Grup. Tapi badan hukum beda, kita aktivitasnya beda, hal-hal yang lain juga berbeda," ujar Toto di Coffee Institute, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Toto Moeljono mengungkapkan, Kasus penipuan bagi hasil KCKGP memang cukup berdampak pada kondisi internal perusahaan. Hal ini terutama karena dalam kasus ini telah menjerat tiga petinggi Cipaganti Group.


Perkara penipuan dan penggelapan yang merugikan dana investor hingga Rp3,2 triliun ini membuat pemangku kebijakan kebingungan begitu juga para investor dan kreditur pemberi pinjaman yang berakibat pada turunnya harga saham perusahaan.


"Dampaknya itu seluruh stakeholders kami bingung dan khawatir akan keberlangsungan CPGT terbuka. Itu adanya pertanyaan dari OJK dan pihak BEI secara tertulis dan hearing. Yang kami rasakan itu adalah vendor mem-freeze (bekukan) fasilitas pinjaman keuangan kami," papar toto.


Dikatakan Toto, dengan adanya penjelasan ini diharapkan para pemangku kepentingan dapat mengerti begitu pula dengan para karyawan dan kreditur pemberi pinjaman.


"Sebenernya kejadian ini justru impact-nya (dampaknya) tidak memberikan dampak yang besar dari CPGT terbuka. Jika ada berita negatif, harga saham kami memang turun, tapi langkah-langkah operasi kami tetap berjalan seperti biasa. Kami berharap penjelasan ini bisa menenangkan karyawan dan menjelakan ke stakeholders sehingga mengerti masalah yang sebenarnya," tandasnya.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

100 Hari Terakhir Jadi Menteri, Dahlan Geber Proyek-Proyek Ini

Jakarta -Menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II telah memasuki 100 hari terakhir masa pemerintahan periode 2009-2014. Pada 100 hari terakhir ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta para menteri untuk bekerja keras menyelesaikan pekerjaan yang belum tuntas.

Mendengar instruksi tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan menggeber dan memonitor beberapa beberapa proyek BUMN yang akan atau sedang dikerjakan.


"Karena hari ini adalah hari pertama 100 terakhir saya jadi menteri. Jadi presiden kemarin bilang semua menteri harus kerja keras untuk 100 hari terakhir," kata Dahlan usai rapat akhir pekan bersama jajaran direksi BUMN di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).


Proyek-proyek yang dikejar di antaranya pembangunan 4 ruas Tol Trans Sumatera oleh PT Hutama Karya (Persero). Selanjutnya adalah dimulainya pembangunan transmisi atau 'tol' listrik sepanjang selatan hingga utara Sumatera sebelum berakhirnya periode pemerintahan Presiden SBY. Tol listrik ini akan dikerjakan secara keroyokan oleh BUMN karya dan PT PLN (Persero).


"Sebetulnya saya juga ingin mengaktifkan satu lagi, jalan tol di atas laut Balikpapan. Itu lebih panjang dari yang di Bali dan lebih sulit. Itu gambarannya sebenarnya Oktober sudah bisa groundbreaking ternyata masih ada hambatan sehingga kita harus revisi lagi," sebutnya.


Proyek lain yang bisa dimulai adalah pembangkit listrik 2X1.000 Megawatt (MW). Rencananya pembangkit akan dibangun pada kawasan industri milik PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) di Jakarta.


"Saya ingin dalam 100 hari ini adalah pembangunan PLTU 2x1.000 MW di Kawasan Berikat Nusantara karena itu untuk mengantisipasi listrik di Jawa pada tahun 2018," jelasnya.


Proyek lain yang akan dikebut dan dimulai pembangunannya adalah pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang oleh PT Angkasa Pura I (Persero), penyelesaian Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta oleh PT Angkasa Pura II (Persero), kelanjutan pengembangan pelabuhan kali baru di Tanjung Priok oleh PT Pelindo II (Persero), serta kelanjutan pengembangan KRL Bandara Soekarno Hatta oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).


"Yang Jawa kalau 100 hari ini ya mau melanjutkan Kali Baru, Terminal 3 Bandara Soetta, kereta api yang dari Dukuh Atas ke Cengkareng tapi itu nggak bisa selesai tapi harus dipastikan bisa selesai pada waktunya meskipun itu tidak selesai dalam 100 hari ini," ujarnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Wall Street Melemah Jelang Musim Laporan Keuangan

New York -Pasar saham Wall Street menutup perdagangan akhir pekan di zona merah. Investor memilih wait and see menanti musim laporan keuangan yang dimulai pekan depan.

Sentimen negatif juga datang dari Uni Eropa atas krisis di perbankan Portugal. Bursa-bursa di Eropa ditutup mix, cenderung negatif.


"Portugal menjadi isu utama. Masalah ini menimbulkan banyak kekhawatiran," kata Alan Skrainka, analis dari Cornerstone Wealth Management, seperti dikutip AFP, Sabtu (12/7/2014).


Pada penutupan perdagangan Jumat waktu setempat, Indeks Dow Jones jatuh 124,45 poin (0,73%) ke level 16.943,81. Indeks S&P 500 jatuh 17,87 poin (0,90%) ke level 1.967,57, sementara Indeks Komposit Nasdaq berkurang 70,44 poin (1,57%) ke level 4.415,49.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Luruskan Pemberitaan, Manajemen Cipaganti Kumpulkan Awak Media di Akhir Pekan

Jakarta -PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) berencana menggelar acara temu media pagi ini untuk menindak lanjuti maraknya pemberitaan perihal permasalah yang merundung perusahaan terkait dugaan penipuan yang dilakukan Koperasi Cipaganti.

Acara ini di gelar di Coffee Institute, Jakarta dengan menghadirkan Moeljono selaku Corporate Secretary Cipaganti Citra Graha.


"Nanti diskusi mengenai cipaganti mas. Karena banyak yang minta wawancara terkait permasalahan Cipaganti yang sedang ramai diberitakan," tutur seorang panitia kepada detikFinance, Sabtu (12/7/2014).


Perlu diketahui, sebelumnya Kepolisian Daerah Jawa Barat menahan Djulia Sri Rejeki dan Yulinda Tjendrawati, petinggi perusahaan dan koperasi Cipaganti, Bandung, Senin, 23 Juni 2014.


Penahanan keduanya bersamaan dengan bos Cipaganti, Andianto Setiabudi. Penahanan mereka terkait dengan dugaan penipuan atas para mitra usaha Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada. Ketiga tersangka dijerat Pasal 372, 378, serta Pasal 55 Undang-Undang Hukum Pidana. Penahanan dilakukan untuk mencegah para tersangka melarikan diri dan menghilangkan barang bukti.


Andianto diduga menggunakan Koperasi Cipaganti untuk menghimpun dana dari masyarakat sejak 2008 hingga Mei 2014. Dana yang terhimpun dari 8.700 mitra senilai Rp 3,2 triliun.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»  

Dahlan Iskan Rapat Akhir Pekan Bahas Tol Sumatera

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini menggelar rapat pada akhir pekan (weekend) di Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan. Rapat yang dimulai pukul 07.00 WIB membahas tentang perkembangan proyek To Trans Sumatera.

Dahlan mendengarkan penjelasan dari Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Tri Widjajanto. Hutama Karya sendiri diberi tugas untuk membangun Tol Trans Sumatera.


"Saya juga juga mengundang Dirut Waskita Karya dan Dirut Jasa Marga. Mereka saya undang untuk didengarkan pendapatnya," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014)


Dahlan beralasan digelarnya rapat yang bertepatan dengan akhir pekan karena Presiden Susilo bambang Yudhoyono meminta jajaran menteri bekerja keras menyelesaikan tugas-tugas yang bisa dilakukan.


"Jadi presiden kemarin bilang semua menteri harus kerja keras untuk 100 hari terakhir sehingga pagi ini biarpun libur karena ini awal dari 100 hari terakhir maka saya periksa yang bisa dikebut tentu jalan Tol Sumatera," jelasnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!




readmore »»