Garuda Telah Batalkan 129 Penerbangan Akibat Letusan Gunung Kelud

Jakarta -PT Garuda Indonesia (Persero) melaporkan telah membatalkan 129 penerbangan akibat ditutupnya 5 Bandar Udara (Bandara) di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Sehubungan dengan ditutupnya 5 bandara, yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Bandara Adi Sumarmo Solo, dan Bandara Ahmad Yani Semarang akibat dampak letusan Gunung Kelud, maka sebanyak 129 penerbangan Garuda Indonesia mengalami pembatalan," kata VP Corporate Communications Garuda, Pujobroto seperti dikutip Minggu (16/2/2014).


Selain 123 penerbangan dari dan ke Surabaya, Malang, Jogjakarta, Solo dan Semarang yang dibatalkan pada hari ini, sebanyak 6 penerbangan lain juga terpaksa dibatalkan akibat terhambatnya rotasi beberapa pesawat Garuda yang tertahan di bandara-bandara yang ditutup tersebut.


Adapun ke-123 penerbangan yang mengalami pembatalan tersebut adalah sebagai berikut :



  • Penerbangan dari dan menuju Surabaya : 64 penerbangan

  • Penerbangan dari dan menuju Malang : 4 penerbangan

  • Penerbangan dari dan menuju Jogjakarta : 28 penerbangan

  • Penerbangan dari dan menuju Solo : 10 penerbangan

  • Penerbangan dari dan menuju Semarang : 17 penerbangan




"Sementara itu, 6 penerbangan yang mengalami pembatalan akibat terhambatnya rotasi pesawat Garuda adalah rute Denpasar – Singapura pp, Balikpapan – Singapura pp, dan Makassar – Balikpapan pp," tambah Pujobroto.

Berkaitan dengan situasi tersebut, Pujobroto mengatakan bagi para penumpang yang telah memiliki jadwal penerbangan dari dan kelima kota maupun rute-rute tersebut dapat melakukan penjadwalan ulang maupun membatalkan (refund) penerbangannya tanpa dikenakan biaya.


"Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan penerbangan ke lima tujuan tersebut dikarenakan oleh situasi Force Majeur dan di luar kendali Garuda Indonesia," katanya.


(dru/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!