Presiden China dan Belasan Kepala Negara Ingin Bertemu Jokowi

Jakarta -Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 yang digelar di Jakarta sekaligus menjadi ajang pertemuan para kepala negara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengadakan pertemuan khusus dengan 19 kepala negara, salah satunya Presiden China Xi Jinping.

"Ada 19 negara. Satunya bilateral meeting presiden Jokowi dengan presiden RRC," ujar Menteri Luar Negeri Retno Matsudi di sela-sela acara KAA di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (19/4/2015).


Karena banyaknya permintaan, Retno belum dapat menyampaikan kepastian jadwal pertemuan. Termasuk dengan Presiden Xi yang akan tiba esok hari. Harus ada penyesuaian, karena Jokowi juga memiliki banyak agenda.


"Kami akan me-manage itu karena Presiden punya acara. Kami berusaha mengakomodasi sebanyak mungkin pertemuan bilateral karena mereka tamu Indonesia," terangnya.


Materi yang menjadi pembahasan dalam pertemuan pun juga sangat beragam, sesuai dengan kebutuhan masing-masing negara. Baik itu menyangkut urusan ekonomi, politik, sosial, maupun hubungan internasional.


Retno mengharapkan adanya kerja sama yang lebih konkret terjalin antar negara dalam penyelenggaraan KAA 2015. "Supaya bisa mengembangkan kerja sama yang lebih baik dengan antara Asia dan Afrika. Kami punya tagline yaitu Let Us Grow Together," tukasnya.


(mkl/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com