Jokowi Tak Bangun Jembatan Selat Sunda, Ini Penggantinya

Jakarta -Pemerintahan pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan membangun mega proyek Jembatan Selat Sunda. Ada alternatif lain yang disiapkan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniago mengatakan, pemerintah menyiapkan perbaikan dermaga di pelabuhan Merak dan Bakauheni.


"Ya kalau apa yang mau diminta keputusan resmi ya belum. Tapi ya saya menyampaikan sikap dari pemerintah (tidak bangun Jembatan Selat Sunda)," ujar Andrinof di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (6/11/2014).


Dia mengatakan, pemerintahan Jokowi akan mengurangi kapal-kapal tua dan menambah dermaga di dua pelabuhan tersebut.


"Kurangi kapal-kapal yang sangat tua, tambah dermaga, perbaiki sistem pelayanan, taruh kapal baru, walaupun agak butuh waktu," jelas Andrinof.


Perencanaan teknis untuk penambahan dermaga akan disiapkan, serta hitung-hitungan anggarannya. Tapi yang pasti, anggaran menambah dermaga jauh lebih kecil dibandingkan membangun Jembatan Selat Sunda.


"Dana nggak besar, apalagi dibanding Jembatan Selat Sunda, seupil itu," ujarnya.


Menurut Andrinof, penambahan dermaga akan efektif. Diharapkan penambahan dermaga ini masuk dalam daftar proyek di APBN 2015.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!