Harga Semen Rp 1 Juta Hanya di Pedalaman Papua

Jakarta -Harga jual produk PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) terimbas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Hal ini juga mempengaruhi harga jual semen di Papua yang kabarnya bisa mencapai jutaan rupiah per kantong.

Corporate Secretary Semen Indonesia Agung Wiharto mengatakan, kenaikan harga semen di Papua sedikit lebih mahal dari wilayah lain. Kenaikan bisa mencapai menjadi Rp 70.000-75.000 per kantong.


Berbeda dengan kenaikan harga semen di wilayah lain yang rata-rata hanya berkisar Rp 1.000-2.000 per kantong. Tapi bagaimana harga semen Papua yang kabarnya bisa mencapai Rp 1 juta per kantong itu?


"Harganya memang ada berbeda tapi sedikit, untuk daerah Sorong atau Jayapura paling harganya Rp 70.000-75.000 per kantong. Tapi kalau untuk daerah Wamena itu biasanya semen sampai di Jayapura atau Sorong diangkut pakai pesawat udara dan ongkosnya pasti mahal karena kita harus bayar pilot dan ongkos pesawatnya mahal," katanya kepada detikFinance, Senin (24/11/2014).


Ia mengatakan, harga jual semen dari distributor tetap sama yaitu Rp 66.000 per kantong. Harga ini, kata Agung, sudah disesuaikan dengan harga kompetitor sehingga masih bisa bersaing.


"Kalau (harga) kompetitor tidak naik tapi konsumen masih setia pakai Gresik (Semen Indonesia) tidak masalah. Kalau mereka beralih, ya kita bisa turunkan harga. Nanti ada review lagi agar kita bisa tetap bersaing," jelasnya.


Agung menambahkan, kenaikan harga semen ini merupakan buntut dari naiknya ongkos transportasi Perseroan sebesar 17% pasca naiknya harga BBM subsidi.Next


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!