Pengeluaran LSM Kini Ikut Menyumbang Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta -Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan perubahan tahun dasar dalam penghitungan Produk Domestik Bruto (PDB). Dari yang sebelumnya mengacu pada System of National Accounts 2008 (SNA 2008) menjadi SNA 2010.

Hal ini seiring dengan pergeseran struktur ekonomi dalam 10 tahun terakhir, baik sisi global maupun domestik. Indonesia harus menyesuaikan data PDB menjadi terkini hingga bisa lebih akurat diperbandingkan secara Internasional.


"Pergeseran struktur ekonomi harus ada perubahan dalam perhitungan tahun dasar PDB," ungkap Suhariyanto, Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS, Jumat (28/11/2014).


SNA merupakan rekomendasi internasional tentang penyusunan ukuran aktivitas ekonomi yang sesuai dengan standar baru. Misalnya di sektor pertanian.


Pendekatan sebelumnya hanya mencakup pencatatan hasil panen. Tapi sekarang dihitung saat menjelang panen, serta komponen tumbuhan pendukung dan menghasilkan.


Di sisi pengeluaran, juga ada komponen tambahan yaitu Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT). Ini menambah komponen pengeluaran yang sudah ada yaitu konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi, dan ekspor-impor.


Bentuk LNP yang melayani rumah tangga adalah sebagai berikut:Next


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!