KAI Masih Jual Tiket Mudik Lebaran, Tapi Harganya Tidak Disubsidi

Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang masa layanan penjualan tiket mudik tujuan kota Yogyakarta dan Surabaya. Hal ini disebabkan karena permintaan tiket kereta api (KA) kedua kota tersebut masih meningkat.

"Sesuai pemantauan sampai dengan hari ini, karena masih penuhnya arus mudik dari Jakarta dan Bandung ke arah Timur, maka ditetapkan posko lebaran diperpanjang samapi dengan tanggal 10 Agustus 2014," ungkap Direktur Utama PT KAI (persero) Ignasius Jonan kepada detikFinance, Sabtu (2/08/2014).


KAI memprediksi, setidaknya masih ada 1,2 juta penumpang yang harus diangkut hingga 10 Agustus 2014 mendatang. Namun, mulai 6 Januari 2014, kereta tambahan yang dijalankan adalah kereta komersial atau tidak dapat subsidi (Public Service Obligation/PSO). Jadi harga tiket yang dijual lebih mahal dari harga tiket lebaran sebelumnya.


"Untuk KA PSO tambahan lebaran akan dihentikan mulai keberangkatan 6 Agustus 2014. Subsidi Pemerintah sampai dengan 5 Agustus 2014 saja. Artinya kembali ke harga normal," imbuhnya.


Beberapa KA tambahan Lebaran yang dijalankan secara komersial adalah 7 rangkaian KA komersial dengan 2 kali perjalanan/hari, 1 rangkaian KA Ekonomi Jaka Tingkir dengan 2 kali perjalanan/hari, 1 rangkaian KA Menoreh dengan 2 kali perjalanan/hari, 1 rangkaian KA Sawunggalih Lebaran dengan 2 kali perjalanan/hari. Walaupun tidak disubsidi, Jonan yakin permintaan KA tetap tinggi.


"Yang masih antre dan nunggu tiket yang batal atau tambahan seat masih banyak. Mereka mahal juga mau karena dengan mobil Surabaya-Yogyakarta kurang lebih 15 jam, dengan KA Sancaka hanya 4,5 jam dan aman, bisa tidur nyenyak," katanya.


Sementara itu, perbandingan total kinerja kumulatif angkutan penumpang tanggal 18 Juli hingga 31 Juli 2014 atau H-10 sampai dengan H+2 Lebaran) 2014 sebanyak 3.166.265. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu hanya 2.666.941 atau meningkat 119%.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!