Jadi Menkeu Baru, Hatta Panggil Mendikbud Bahas Pemblokiran Anggaran Triliunan

Jakarta - Hari pertama menjadi Plt Menteri Keuangan, Hatta Rajasa berencana bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M.Nuh untuk membicarakan pemblokiran anggaran Kemendikbud.

Diperkirakan masih ada sekitar Rp 61,5 triliun anggaran Kemendikbud yang diblokir. Ini berkurang setelah anggaran Ujian Nasional (UN) Rp 543,4 miliar dicairkan bulan lalu.


"Hari ini saya juga akan rapat dengan Kemendikbud," ungkap Hatta kepada wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2013).


Hatta tidak menginginkan ada anggaran yang masih diblokir. Menurutnya, ini adalah cara 'jemput bola' yang tepat dilaksanakan bagi Kementerian Keuangan.


"Tentu governance tetap berlaku, tapi kalau bisa jemput bola. Kalau memang harus DPR, kita minta DPR segera rapat. Saya nggak ingin di Kemendikbud itu terjadi hal-hal seperti itu," jelasnya.


Ia menuturkan, pemblokiran sangat menganggu pelaksanaan program dan optimalisasi penyerapan anggaran. Maka dari itu, dengan posisi Plt Menkeu, Hatta menjadikan penyelesaian pemblokiran anggaran sebagai tugas utama.


"Saya sejak Minggu rapat marathon. Saya tidak ingin ini tugas utama. Saya ingin memastikan K/L (Kementerian/Lembaga) itu governance-nya baik, administrasinya baik, kemudian jemput bola dari keuangan apa masalahnya di tempat itu sehingga ada bintang ada ini itu, itu yang dipercepat," pungkasnya.


(dnl/dnl)