Mantan Deputi Gubernur BI Jadi Komisaris Independen di BII

Jakarta - Para pemegang saham PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) sepakat mengangkat Achjar Iljas sebagai Komisaris Independen menggantikan Putu Antara yang telah habis masa jabatannya.

Pengangkatan Achjar Iljas berlaku efektif setelah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia. Achjar Iljas adalah mantan Deputi Gubernur BI pada periode 1998 hingga 2002.


"Keputusan tersebut sudah disetujui dalam RUPSLB," kata Direktur Utama BII Dato' Khairussaleh Ramli usai acara RUPST dan RUPSLB, di kantornya, Menara BII, Senayan, Jakarta, Selasa (22/4/2013).


Sementara itu, RUPSLB juga mengesahkan berakhirnya masa jabatan Stephen Liestyo sebagai Direktur dan menyetujui pengangkatan Lani Darmawan sebagai Direktur.


Achjar Iljas memiliki 46 tahun pengalaman di industri perbankan, termasuk 27 tahun karir di Bank Indonesia (BI) dengan jabatan terakhir sebagai Deputi Gubernur BI dari 1998 hingga 2002. Sebelumnya, menjabat sebagai Komisaris Independen PT BNI (Persero) Tbk (2003-2010) dan PT BNP Paribas Indonesia (2005-2007) serta Presiden Komisaris BNI Syariah (2010-sekarang).


Sementara Lani Darmawan memiliki 27 tahun pengalaman di industri layanan finansial, termasuk 22 tahun di industri perbankan, baik di bank lokal maupun bank multi nasional. Sebelum bergabung dengan BII, menjabat sebagai Executive Vice President, Head of Network di Bank Permata di mana salah satu tanggung jawabnya mengelola 285 cabang di 57 kota di Indonesia serta bertanggung jawab atas pengelolaan Retail Banking Academy.


Sebelumnya Sarjana Kedokteran Gigi dari Universitas Trisakti ini berkarya di Standard Chartered Bank Indonesia selama enam tahun sampai dengan 2008 dengan posisi terakhir Country Head of Consumer Banking (Direktur Consumer Banking).


(ang/ang)