Awal Tahun Depan, Kereta Tanah Abang-Maja Sudah Pakai Jalur Ganda

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada hari ini meresmikan beroperasinya jalur ganda (double track) kereta Serpong-Parung Panjang. Jaringan ini merupakan bagian dari proyek jalur ganda Tanah Abang-Serpong-Parung Panjang-Maja, Banten yang seluruhnya akan beroperasi pada awal 2014.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengungkapkan apabila keseluruhan jalur ganda Tanah Abang-Maja telah beroperasi, maka kapasitas perjalanan kereta api untuk rute Serpong-Parung Panjang-Maja akan meningkat menjadi 128 Kereta/hari.


"Serpong-Maja akan meningkatkan frekuensi yang tadinya 101 menjadi 128 kereta api per hari," kata Bambang saat meresmikan pengoperasian jalur ganda Serpong-Parung Panjang di Stasiun Cisauk, Tangerang, Rabu (17/4/2013).


Bambang mengatakan, ini jelas akan berkontribusi sangat besar sekali untuk mengurangi beban perjalanan jalan raya, dan memfasilitasi masyarakat Banten yang hilir mudik bepergian dari atau ke Jakarta.


"Dengan pengoperasian ini kita jelas mengurangi beban jalan," tambahnya.


Selain mengoperasikan jalur ganda Serpong-Parung Panjang, juga diresmikan elektrifikasi untuk jalur ganda Parung Panjang-Maja, serta pengoperasian 10 KRL Lintas Tanah Abang-Maja.


Secara terpisah, Direktur Jenderal Perkeretaapian kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan mengatakan saat ini, aktivitas penumpang dari Banten menuju atau dari Jakarta semakin padat setiap harinya, yang mencapai 69.530 penumpang/hari.


"Ini untuk mengantisipasi pertumbuhan perumahan di Jabodetabek yang berdampak pertumbuhan penduduk. Mau tidak mau harus ada upaya fasilitas mobilitas bagi para penduduk," kata Tundjung.


(zul/hen)