Gita Blusukan Ke Pasar Cibubur, Resmikan Program Pasar Aman

Jakarta - Pemerintah mencanangkan program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. Program ini bertujuan untuk mengendalikan peredaran bahan berbahaya di pasar tradisional.

Hari ini, pencanangan program ini untuk pertama kalinya dilakukan di Pasar Jaya Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, dengan dihadiri oleh beberapa instansi pemerintah pusat maupun daerah.


"Saya sangat menghargai upaya Badan POm yang telah menginisiasi program keamanan pangan untuk pasar melalui Pasar Aman dari bahan berbahaya dan sekaligus penghargaan kepada Pemda DKI Jakarta yang mendukung program ini," kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan di PD Pasar Cibubur, Ciracas Jaktim, Jumat (19/4/2013).


Pasar Aman dari Bahan Berbahaya ditujukan untuk memberdayakan komunitas pasar agar berperan aktif melakukan pengawasan secara berkesinambungan.


Dalam mencapai tujuan tersebut, implementasi program akan dilaksanakan melalui 5 strategi utama, diantaranya memperkuat pengawasan di pasar, peningkatan "awarenes" komunitas pasar, peningkatan SDM pasar, replika pasar, dan optimalisasi menejemen aksi program pasar aman dan berbahaya.


Pencangan pertama hari ini pun dijadwalkan dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Gubernur DKI Jakarta, Ketua Badan POM, juga Dirut Pasar Jaya.


Program pasar aman dari bahan berbahaya akan berlangsung selama 3 tahun dengan target sebanyak 108 pasar contoh yang tersebar di 84 kabupaten/kota di 33 provinsi.


(zul/ang)