Djoko Kirmanto: 90% Transportasi di Indonesia Pakai Jalan Darat

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan moda transportasi di Indonesia sebagian besar menggunakan jalan darat. Diperkirakan 90% moda transportasi masih sangat tergantung lintas darat.

"Jalan paling banyak digunakan. 90% mungkin, paling banyak menggunakan jalan," kata Djoko saat acara Breaking Through Underpass Cibubur, di Cibibur, Jakarta, Minggu (21/4/2013).


Saat ini, kata dia, banyak jalan-jalan yang masih terhambat akibat macet. Untuk itu, salah satu mengatasi itu adalah dengan membangun terowongan bawah tanah.


"Jalan-jalan masih banyak yang macet yang disebabkan persimpangan. Sehingga ini mengganggu ekonomi kita. Jadi perlu dibangun seperti Underpass ini (Cibubur)," ujarnya.


Menurut Djoko, semula pihaknya merencanakan membuat empat flyover (jembatan layang) untuk mengatasi kemacetan di Cibubur ini, namun kementeriannya melihat kembali risiko yang lebih banyak jika membangun banyak jembatan layang untuk menekan kemacaten di kawasan tersebut.


"Awalnya kita rencanakan empat flyover tapi kita pikir kalau flyover perlu kemiringan berapa meter sepanjang Trans Yogi dan akan banyak melakukan pembebasan tanah sehingga dipilih underpass," kata Djoko.


(hen/hen)