Jalur Ganda KA Serpong-Parung Panjang Rp 1,2 Triliun Mulai Beroperasi

Parung - Jalur ganda (double track) kereta api Serpong-Parung Panjang resmi dioperasikan hari ini. Jalur ini merupakan bagian dari jalur ganda KA Parung Panjang-Maja yang secara keseluruhan akan beroperasi akhir tahun ini.

Bertempat di Stasiun Cisauk, Tangerang, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono secara resmi meresmikan pengoperasian jalur ganda ini, Rabu (17/4/2013).


Bersamaan dengan pengoperasian jalur ganda ini, Wamenhub pun akan mengoperasikan kereta rel listrik (KRL) Tanah Abang-Maja dan proses elektrifikasi Parung Panjang-Maja.


Jalur rel kereta Ganda Serpong (Tangerang Selatan) hingga Maja (Lebak) Banten sepanjang 33 Km akan resmi dioperasikan pada akhir tahun 2013. Progres proyek ini masih tertahan pada penyelesaian elektrifikasi, persinyalan dan telekomunikasi.


"Direncanakan selesai akhir tahun 2013," ungkap Direktur Jenderal Perekeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Indrawan di Hotel Millenium, beberapa waktu lalu.


Selain Jalur Ganda, ada pembangunan jembatan sebanyak 84 unit, peningkatan persinyalan 9 stasiun dan peningkatan stasiun termasuk penyediaan fasilitas park and ride.


"Elektrifikasi untuk jalur tunggal sudah selesai dilaksanakan uji coba pengoperasian KRL sampai Maja," terangnya.


Pembangunan jalur ganda, menurutnya akan meningkatkan kapasitas lintas dari 101 KA/hari menjadi 128 KA/hari, kapasitas angkutan penumpang, mengurangi kemacetan /kepadatan jalan raya, peningkatan keselamatan dan mempercepat waktu tempuh. "Untuk keselamatan, ya tentu akan terkurangi persilangan antar Kereta Api," kata Tundjung


Proyek yang dimulai dari tahun 2008 ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun.


(zul/dnl)