MS Hidayat: Saya Minta Pengusaha Tak Boikot Forum Tripartit

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menyayangkan sikap Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang telah memboikot Forum Tripartit Nasional (Tripnas). Hidayat menilai kondisi tersebut hanya akan merugikan para pengusaha sendiri.

"Saya minta Apindo tidak memboikot tripartit karena nggak ada gunanya memboikot," ungkap Hidayat kepada wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2013)


Menurutnya Apindo dipercaya para pengusaha supaya dapat memperjuangkan aspirasi sampai selesai. "Karena dia ditugaskan oleh dunia usaha mewakili para usaha untuk itu. Jadi berundingnya harus habis-habisan," jelasnya.


Ia mengatakan, justru ketika diboikot dan rapat Tripnas tanpa kehadiran para pengusaha bisa lebih berbahaya. Sehingga tidak ada pandangan dari pengusaha dalam keputusan tersebut.


"Kalau memboikot tidak hadir, nanti keputusan diambil tanpa Apindo, nanti keputusan tanpa apindo jadinya," ujarnya.


Ia menyarankan agar Apindo yang dipimpin oleh Sofjan Wanandi memperkuat perwakilan perundingan di Tripnas. Sementara pemerintah siap mendukung semua keputusan yang terbaik.


"Kalau minta didukung pemerintah sudah bicara dengan Pak Hatta (Menko Perekonomian), tapi harus perwakilan kita di tripatrit diperkuat," pungkasnya.


(hen/hen)