Presiden SBY Tantang Pengusaha: Mau Jadi Macan Kandang atau macan Asia?

Jakarta - Pada 2015, Indonesia akan memasuk era baru ekonomi dengan pemberlakukan ASEAN Economic Community (AEC) yang berarti pasar bebas di ASEAN. Presiden SBY menantang para pengusaha apakah siap menjadi macan Asia dengan berlakunya aturan ini.

"Mau jadi macan kandang atau mau jadi macan Asia," ungkap SBY dalam pembukaan acara Indonesia Young Leaders Forum 2013 yang diadakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis (18/4/2013).


Menurut SBY, jika ingin menjadi macan Asia, maka harus ada sinergi yang cukup kuat antara pengusaha dan pemerintah, untuk menyelesaikan tantangan-tantangan sebelum AEC berlaku. "Kalau ingin menjadi macan Asia, saatnya berbenah diri. Satu adalah antar pemerintah dengan pengusaha," jelasnya.


SBY melanjutkan, salah satu masalah yang harus diselesaikan Indonesia adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) agar bisa bersaing. Kemudian adalah terkait Sumber Daya Alam (SDA) yang harus diiringi dengan peningkatan industri yang membuat bahan mentah menjadi bernilai tambah.


"Kalau tidak diubah menjadi industri. Maka kita pastikan akan habis," katanya.


Ketiga adalah persoalan logistik nasional yang menyebabkan harga-harga barang menjadi mahal. Selain itu infrastruktur yang masih minim dan perlu ada percepatan pembangunan.


"Terakhir adalah iklim investasi dan kemudian eksternalisasi yang harus diperbaiki. Seperti perbankan masih dinilai kalah efisien dibandingkan negara-negara ASEAN. Ini harus menjadi tugas bersama," tutupnya.


(dnl/dnl)