Buku yang ditulis langsung oleh CEO Semen Indonesia ini menceritakan perjalanan karir Dwi Soetjipto selama berkarya dari level bawah dari memimpin Semen Padang, Semen Gresik hingga Semen Indonesia.
Berbagai macam konflik, tantangan, perubahan, hingga upaya pencapaian visi menuju BUMN bertaraf internasional dilakukan Dwi saat memimpin perusahaan semen BUMN ini.
Dwi juga menceritakan bagaimana seorang pemimpin harus berani menanggung risiko atas jabatan yang dipegangnya serta tidak sekedar duduk menerima laporan.
"Dalam buku ini saya mengajak pembaca untuk mengerti dan membayangkan serta menjadi pelaku seandainya pembaca menjadi salah satu manajemen di Semen Indonesia. Saya menulis strategi tersebut dengan alur yang seakan-akan pembaca juga bisa melakukan hal yang sama jika duduk di kursi yang ditempatinya," kata Dwi saat peluncuran buku Road to Semen Indonesia di Balai Kartini Jakarta, Selasa (4/2/2014).
Dwi juga menceritakan tantangan inovasi perusahaan semen. Ia pernah ditantang oleh seorang deputi di Kementerian BUMN yang memintanya tidak hanya menjual semen. Saat itu, seorang deputi menyebutkan produknya akan kalah bersaing jika hanya menjual semen.
"Akhirnya inovasi setiap tahunnya lahir. Setiap tahun ada 170 ide inovasi," sebutnya.Next
(feb/hen)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!