AirAsia Buka 3 Rute Baru Tahun Ini

Jakarta - PT Indonesia AirAsia akan memperluas jaringan bisnisnya. Dalam waktu dekat, para pelanggan dapat menikmati penambahan rute untuk Medan-Jakarta, Medan Johor Bahru, dan Jakarta Johor Bahru.

Direktur Komersial Indonesia AirAsia, Bernard Francis mengemukakan, rute-rute baru tersebut akan dibuka dalam waktu dekat. Khusus rute baru yang dibuka dari Medan akan terbang perdana pada tanggal 7 Juni 2013 nanti.


"16 Mei nanti kita akan membuka Jakarta Johor Bahru. 7 Juni kita akan mengenalkan Medan-Johor Bahru," kata Bernard kepada detikFinance, Selasa (16/4/2013).


Bernard menyebut, Medan merupakan salah satu kota dengan populasi terbesar. Dan dia melihat potensi pasar yang sangat besar di ibukota Sumatera Utara tersebut. Dalam 1 tahun, yakni pada tahun 2011-2012 Air Asia mampu mengangkut 350.000 penumpang di kota Medan dengan 1 pesawat yang dioperasikannya.


"Di tahun 2011-2012 kita membawa 350.000 penumpang per tahun. Itu pertumbuhan yang baik bagi kami," katanya.


Dengan melihat perkembangan tersebut, Bernard mengatakan perusahaan berencana akan menambah pesawat untuk diparkirkan di bandara Medan. Untuk sementara waktu, pesawat tersebut masih akan dioperasikan di Bandara Polonia, mengingat Bandara Kuala Namu baru akan beroperasi September nanti.


"Jadi tahun ini kita telah menambahkan 1 pesawat di bulan Februari, dan kita sedang akan menambah 1 pesawat lagi. Tahun ini kita akan menambah 1 atau 2 pesawat lagi di Medan," katanya.


AirAsia Indonesia sendiri saat ini telah melakukan penerbangan dari dan menuju Medan sebanyak 90 kali setiap minggunya, dan mengangkut 16.200 kursi penumpang. Penambahan pesawat dan rute di Medan ini, akan berkontribusi sebanyak 15% terhadap bisnis AirAsia keseluruhan.


"Dari segi penerbangan 90 penerbangan per hari kita akan menambah 136 per minggu. Dari segi kapasitas dari 16 ribu menjadi 25 ribu per minggu," paparnya.


(zul/ang)