Pecahkan Rekor, Turkish Airlines Borong 117 Airbus Rp 88 Triliun

Istanbul - Maskapai penerbangan asal Turki yaitu Turkish Airlines secara resmi memesan 117 pesawat dari pabrikan asal Prancis yaitu Airbus dengan nilai US$ 9,3 miliar atau sekitar Rp 88 triliun, terbesar untuk pemesanan pesawat di Turki.

"Kami saat ini mencetak pemesanan terbesar sepanjang sejarah penerbangan Turki," ujar Chairmain Turkish Airlines Hamdi Topcu dikutip dari AFP, Rabu (17/4/2013).


Airbus dan Turkish Airlines tidak menyebut secara resmi nilai pembelian pesawat ini, namun berdasarkan harga di katalog penerbangan, nilai pembelian mencapai US$ 9,3 miliar. Meskipun biasanya ada potongan harga yang diberikan.


Pesawat yang dipesan utamanya adalah A320 tipe terbaru yang irit bahan bakar. Pengiriman pesawat akan dimulai pada 2020. Maskapai ini telah menerbangkan 215 pesawat, sebanyak 107 pesawat merupakan produksi Airbus dan sisanya dari Boeing.


Lewat pemesanan ini, Turkish Airlines akan mengoperasikan 375 pesawat pada 2020, dan berharap bisa menjadi 10 maskapai terbesar di dunia dengan 90 juta penumpang per tahun.


"Hari ini kami merayakan pencapaian yang hebat dari Airbus dan Turkish Airlines," ujar Presiden Direktur Airbus Fabrice Bregier.


(dnl/hen)