Jero Usul Anggaran ESDM Dipotong Rp 4,4 T, DPR Hanya Setujui 1,9 T

Jakarta -Kementerian ESDM mengajukan pemangkasan anggarannya Rp 4,4 triliun, dari anggaran tahun ini Rp 16 triliun. Namun Komisi VII DPR hanya menyetujui pemangkasan Rp 1,9 triliun dalam APBN Perubahan (APBN-P) 2014.

"Anggarannya dipotong Rp 1,9 triliun dari anggaran sebelumnya Rp 16 triliun, tadinya kita ajukan dipotong Rp 4,4 triliun, tapi disetujuinya Rp 1,9 triliun," ucap Menteri ESDM Jero Wacik usai Rapat Kerja dengan Komisi VII di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/6/2014).


Jero mengatakan, pemotongan anggaran Rp 1,9 triliun tersebut meliputi anggaran renovasi gedung, feasibility study (FS) untuk pembangunan kilang minyak, dan anggaran transmisi listrik.


"Kalau renovasi gedung ditunda dulu kan nggak kiamat juga nggak papa, yang FS kilang Rp 200 miliar dihapus karena akan diserahkan ke swasta, kemudian yang transmisi listrik dikurangi karena ada beberapa proyek transmisi yang tanahnya belum bebas, kalau belum bebaskan tetap nggak bisa digunakan dananya," terangnya.


"Yang kami pertahankan adalah dana listrik desa, karena itu bahaya kalau dikurangi, harusnya masyarakat di desa bisa dapat listrik bisa nggak jadi kalau anggarannya dipotong," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!