Citilink Datangkan Pesawat ke-25

Jakarta -Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah (LCC) Citilink mendatangkan pesawat yang ke-25. Armada dengan jenis Airbus A320 tersebut melengkapi layanan 152 frekuensi penerbangan setiap hari ke 24 kota.

“Dengan armada yang kini berjumlah 25 pesawat, Citilink semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu maskapai penerbangan domestik yang dipercaya masyarakat,” kata President & CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo di Jakarta dalam siaran pers, Minggu (15/6/2014).


Kedatangan pesawat dengan jenis sayap sharklet ini sejalan dengan strategi bisnis Citilink di segmen LCC yang efisien namun dapat mendorong percepatan pertumbuhan perusahaan. “Penambahan jumlah armada Citilink akan terus sejalan dengan penambahan frekuensi dan rute-rute baru, termasuk target untuk merambah beberapa destinasi regional,” kata Arif.


Sebelumnya Arif Wibowo bersama anggota direksi lainnya menyambut kedatangan pesawat terbaru Citilink itu di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, yang mendarat pada Sabtu dini hari pukul 00.05 WIB, setelah menempuh penerbangan selama 28 jam dengan transit di Uni Emirat Arab dan Srilanka.


Waktu penerbangan sendiri dari markas Airbus di Toulouse, Prancis, hingga mendarat di Cengkareng memakan waktu 18 jam. Pesawat dengan nomor PK-GLZ itu merupakan pesawat gelombang pertama dari 8 pesawat bersayap sharklet yang akan didatangkan Citilink secara bertahap hingga akhir 2014. Pada akhir tahun ini, Citilink akan memiliki 32 pesawat berjenis Airbus A320.


Pesawat Airbus A320 bersayap sharklet dirancang untuk lebih ramah lingkungan dengan tingkat kebisingan sangat rendah (sampai 15 desibel dibawah stage 4 standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional/ICAO). Selain itu, kombinasi mesin baru dan sayap sharklet mampu menghemat bahan bakar hingga 15%.


Seperti diketahui, pertumbuhan jumlah penumpang Citilink terlihat meningkat signifikan sejak 2012, dengan mengangkut 2,8 juta penumpang yang kemudian menjadi 5,4 juta penumpang pada 2013. Tahun ini, jumlah penumpang ditargetkan mencapai 8,2 juta penumpang.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!