Waralaba Malaysia Ekspansi ke Indonesia

Jakarta -Malaysia tengah gencar memasarkan produk-produk waralaba atau franchise di Indonesia. Sekitar 25 waralaba asal negeri jiran ini ikut pameran waralaba di Jakarta Convention Center (JCC).

Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan Malaysia Dato' Sri Hasan bin Malek mengungkapkan, pemerintah Malaysia berniat mendorong masuknya waralaba Malaysia ke Indonesia.


"Harapannya supaya franchise Malaysia bisa buka di Indonesia," kata Hasan di Sela acara tersebut.


Alasan Malaysia mendorong masuknya produk waralaba ke Indonesia adalah karena pasar Indonesia yang besar. Jumlah penduduk dan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia jadi peluang bisnis.


"Kita menunjukkan hasrat bangun produk Malaysia mutu di Indonesia. Di Indonesia itu peluangnya luas penduduknya banyak, dan kita (Malaysia-Indonesia) banyak persamaan," kata dia.


Ketertarikannya itu sendiri diwujudkan dengan turut ambil bagian dalam gelaran pameran International Franchise, License and Bussines Concept Expo and Conference (IFRA) 2014 yang diselenggarakan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama PT Debindo Mitra Dyantama di JCC pada 20-22 Juni 2014.


Dalam gelaran ini, Malaysia membawa 25 waralaba. "Yang ikut dari kita 25, 20 franchise makanan, kesehatan, pendidikan, dan sisanya UKM," katanya.


Hasan pun percaya, produk waralaba yang dibawa negaranya dapat diterima baik oleh masyarakat Indonesia, karena kedua negara memeiliki banyak kesamaan dalam hal selera kuliner dan lainnya.


"Serumpun bangsa, dua negara berkongsi budaya bahasa, banyak persamaan, satu kelebihan yang harus digunakan," tegas dia.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!