Selain Kurma, Ini Buah-buahan yang Banyak Diminati Saat Puasa-Lebaran

Jakarta -Selain kurma, ada beberapa jenis buah-buahan yang konsumsinya akan meningkat pada Ramadhan hingga Idul Fitri. Di antaranya adalah timun suri, blewah, dan kelapa muda. Buah-buahan ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu kandungan air yang banyak, menyegarkan, dan merupakan makanan tradisional.

"Timun suri, blewah, kelapa muda kalau permintaannya itu banyak. Buah-buahan ini sering disebut sebagai hot item," kata Ketua Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (Assibisindo) Kafi Kurnia kepada detikFinance, Minggu (15/6/2014).


Pasokan ketiga jenis buah tersebut biasanya dapat tercukupi dari dalam negeri. Namun, saat memasuki bulan puasa, jalur impor akan menjadi alternatif untuk pemenuhan kebutuhan yang cukup tinggi.


Namun, kesulitannya adalah tidak banyak negara yang memproduksi ketiga buah ini. Apalagi musim panennya tidak lagi sama, akibat gangguan iklim yang menganggu masa panen. "Jadi sekarang bulan Juni itu terus terang itu tidak ada musim buah yang menonjol," ujar Kafi.


Buah lain yang juga diperkirakan konsumsinya naik adalah jeruk. Selain karena faktor bulan puasa, jeruk juga dinimati karena musim hujan yang masih melanda sebagian wilayah di Indonesia.


"Sekarang pancaroba, masih panas dan hujan juga. Jadi banyak yang sakit, terutama flu dan radang tenggorokan. Orang Indonesia kalau ditanya buah yang layak dikonsumsi saat flu adalah jeruk dan buah yang mengandung vitamin C lainnya," papar Kafi.


Jeruk yang tidak lagi dalam masa panen di dalam negeri, tentunya harus dipasok melalui importasi. Negara yang tengah panen jeruk saat ini adalah Australia dan Amerika Serikat. "Musim jeruk itu cuma ada di Australia dan California," tutur Kafi.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!