Nyaris Rp 12.000, Dolar AS Sentuh Rp 11.980

Jakarta -Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah terus menguat tinggi. Bahkan sudah nyaris menembus Rp 12.000.

Dikutip dari Reuters, Rabu (18/6/2014), pagi ini dolar sudah menembus Rp 11.980, padahal pagi tadi dolar masih di level Rp 11.890.


Sejak awal pekan ini dolar AS memang terus menguat terhadap rupiah. Ada yang bilang ini dipengaruhi oleh debat capres yang digelar Minggu akhir pekan lalu.


Kemarin, Ekonom Senior Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan mengatakan, investor asing melihat adanya sedikit pernyataan anti asing dalam debat capres yang berlangsung pekan lalu. Meski kedua capres tidak menyatakan secara langsung.


"Sentimen dari regional sekarang ini negatif. Tapi memang debat capres kemarin itu juga ada sentimen anti asing," katanya.


Dalam masa kampanye ini, para investor lokal dan asing akan memperhatikan betul situasi politik dan ekonomi, serta pernyataan para capres baik itu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.


Sementara dilansir dari AFP, dolar AS memang menguat terhadap sejumlah mata uang utama di dunia karena inflasi di AS lebih tinggi dari perkiraan.


Pelaku pasar mengharapkan bank sentral AS The Fed tidak melakukan kebijakan baru saat ini.


(dnl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!