Pembangunan SDM Sampai Infrastruktur, Ini Janji Jokowi di Bidang Ekonomi

Jakarta -Calon Presiden nomor urut 2 Joko Widodo memaparkan visi dan misinya dalam bidang pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial dalam ajang debat capres, malam ini (15/6/2014). Inti dari visi dan misi ekonomi Jokowi adalah perbaikan sumber daya manusia.

Jokowi mengawali pidato pembukaan visi dan misi dengan menyebut beberapa orang sebagai wakil masayarakat yang mengharapkan ekonomi yang lebih baik di Indonesia. "Mereka berharap ekonomi Indonesia bisa tumbuh jauh lebih baik," kata Jokowi dalam debat capres di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, (15/6/2014).


Jokowi mengatakan, pembangunan ekonomi suatu negara baginya adalah membangun sumber daya manusia yang lebih baik. Dia berjanji akan memperbaiki kualitas pendidikan dan kesehatan dengan Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.


"Karena dengan pembangunan manusia itu kita akan menjadi manusia produktif. Karena kalau produktivitas kita meningkat, kita akan punya daya saing," tambah Jokowi.


Kemudian, Jokowi berjanji akan menjunjung pemerataan ekonomi. "Itulah ekonomi berdikari. Percuma ekonomi baik kalau tidak ada pemerataan," tegasnya.


Selain itu, pembangunan koperasi, UMKM, pasar tradisional, ekonomi maritim dan industrinya, pembangunan yang dimulai dari daerah, serta pembangunan infrastruktur akan menjadi perhatian Jokowi dalam pembangunan ekonomi.


"Ini yang kami maksud kebaikan yang membuat rakyat semakin sejahtera, agar ekonomi Indonesia akan lebih baik dan berdikari," paparnya.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!