40 Tahun Hindari Pajak, Orang Terkaya Eropa Siap Pulang Kampung

Jakarta - Salah satu orang terkaya di Eropa, Ingvar Kamprad, siap pulang kampung ke Swedia setelah lebih dari 40 tahun 'kabur' ke Swiss demi hindari pajak yang tinggi di negaranya.

Kamprad si pemilik IKEA, penjualn peralatan rumah tangga dengan harga terjangkau itu, memilik kekayaan senilai US$ 51,7 miliar (Rp 491,15 triliun) dan merupakan orang terkaya keempat berdasarkan daftar Bloomberg Billionaires Index.


Pria berumur 87 tahun itu sudah merantau ke Swiss sejak 1973 dalam rangka menjalankan IKEA yang belum lama berdiri. Saat itu, Kamprad merasa pajak usaha di Swedia sangat tinggi dan bisa menganggu kelancaran usahanya, seperti diungkapkan juru bicara IKEA Per Heggenes dikutip dari Bloomberg, Jumat (28/6/2013).


"Kembali ke Swedia membuat saya lebih dekat dengan keluarga dan teman-teman lama. Selepas meninggalnya istri saya Margaretha sekitar satu setengah tahun lalu, tidak ada lagi yang bisa menahan saya tinggal di Swiss," kata Kamprad dalam keterangan tertulisnya.


Kamprad berencana pindah rumah ke sebuah peternakan di pinggiran Almhult, Swedia musim gugur mendatang.


"Ia akan membayar pajak pendapatan, seperti warga Swedia lainnya. Kewajiban pajak atas kepindahannya ini hanya itu saja dan tidak ada lagi," kata Heggenes.


Demi kesuksesan IKEA, pada 1980 Kamprad merancang struktur kepemilikan saham yang rumit terhadap perusahaannya tersebut. Tujuannya supaya IKEA bisa dipegang oleh beberapa yayasan dalam rangka menghindari pajak yang tinggi.


IKEA menghasilkan omzet lebih dari US$ 36 miliar (Rp 342 triliun) dengan laba US$ 4 miliar (Rp 38 triliun) di akhir tahun 2012 lalu. Saat ini kepemilikan mayoritas IKEA dipegang oleh perusahaan asal Belanda, Stichting INGKA Foundation dan Interogo Foundation.


Stichting INGKA menguasai seluruh saham di IKEA Group yang akhirnya menguasai sekitar 90% toko IKEA di seluruh dunia. Melalui anak usahanya, Interogo Foundation, menguasai konsep dan merek IKEA.


Kamprad sendiri mengontorl Interogo sebagai dewan pengawas dan komisaris. Ikano Group, perusahaan inevstasi milik keluarga Kamprad, mengoperasikan empat waralaba IKEA serta bisnis lain seperti kartu kredit dan properti.


Saat ini, IKEA punya 338 toko tersebar di 41 negara dunia. Jumlah karyawan IKEA mencapai 154.000 orang. Di antara orang kaya Eropa lainnya, harta Kamprad hanya sedikit lebih tinggi dari Amancio Ortega, orang terkaya Spanyol.


Pria berumur 77 tahun itu menguasai 59% saham Inditex, perusahaan fesyen ritel terbesar di dunia yang salah satu mereknya adalah Zara.


(ang/dnl)