Dahlan Iskan: 8 BUMN Akan Ekspansi ke Vietnam

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan akan ada 8 BUMN yang melakukan ekspansi ke Vietnam. Presiden Vietnam Truong Tan Sang memang datang ke Indonesia untuk menawarkan investasi di negaranya.

Adapun 8 BUMN yang akan melakukan ekspansi tersebut adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Pupuk Indonesia, PT Telkom Tbk, PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT Semen Indonesia Tbk, PT Kimia Farma Tbk, Perum Bulog, dan PT Pertamina,


"Ada 8 yang berminat untuk ekspansi ke Vietnam," kata Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan di Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta, Jumat (28/6/2013).


Tahun ini, menurut Dahlan, BUMN tersebut akan coba meninjau pasar bisnis di Vietnam. Ini merupakan langkah pertama sebelum memastikan ekspansi akan dilakukan.


"Tahun ini saya rasa melihat pasar lah, kemungkinan seperti itu. Pasti kita kan pertimbangkan usaha yang menguntungkan. Yang jelas Vietnam dengan daratan yang cukup memanjang dan eko yang berkembang, peluang untuk mendapatkan bisnis itu lebih besar," jelasnya.


Untuk PTBA, Dahlan mengatakan, BUMN batubara ini akan mengutamakan pasokan batubara untuk pasokan listrik. Sebab, menurutnya Vietnam hingga saat ini masih sangat kekurangan listrik.


"PTBA itu kan saling suplai saja. Misalnya pembangkit listrik, kan disna juga kekurangan listrik. seperti kita yang di luar Jawa kan juga kekurangan listrik. Terus tarif listrik di sana kan naik terus. ua tahun terakhir ini naik beberapa kali," kata Dahlan.


Dahlan menambahkan untuk Kimia Farma dan Telkom, akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lokal di Vietnam. "Pasti kita akan join dengan perusahaan farmasi di sana. Telkom juga kerjasama internasional, jadi kalau ada tender internasional, Telkom Indonesia dan Vietnam saling sinergilah, jangan bersaing," ucapnya.


Hari ini Dahlan bersama Presiden Vietnam melakukan pertemuan bisnis untuk membahas peluang investasi yang bisa dilakukan perusahaan-perusahaan Indonesia di Vietnam.


(dnl/dnl)