Perusahaan China, Thailand, dan Singapura Ikut Garap Monorel Jakarta

Jakarta - Pembangunan proyek monorel Jakarta yang digarap oleh PT Jakarta Monorail, akan menggandeng perusahaan transportasi China, Thailand, dan Singapura.

Hari ini, Ortus Holdings selaku investor utama di Jakarta Monorail melakukan penandatanganan kerjasama dengan sejumlah perusahaan transportasi asing tersebut. Antara lain:



  • Bangkok Mass Transportation System PCL of Thailand

  • Singapore Technology Electronics Limited and SMRT International Pte Ltd of Singapore

  • PT Indosat Tbk

  • Changchun Railways Vehicles Co. Limited

  • China Communications Construction Company Limited of China

  • TUV Rhineland Group of Germany


Penandatanganan kerjasama dilakukan di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (29/6/2013). Perwakilan dari Ortus adalah Chairman dan Pendirinya yaitu Edward S. Sowryadjaya. Hadir juga dalam acara tersebut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Pada Rabu pekan ini, Jokowi memang telah resmi menyerahkan tugas pembangunan monorel DKI Jakarta kepada Jakarta Monorail. Rute yang dibangun Jakarta Monorail adalah dengan membangun tiang-tiang monorel yang selama ini terbengkalai.


Pihak PT Jakarta Monorail akan membangun proyek monorel Jakarta mulai awal Oktober 2013. Alasannya, karena sampai saat ini pihak Jakarta Monorail masih menunggu evaluasi desain yang nanti akan digunakan dalam pembangunan monorel di Jakarta.


Sampai saat ini, Jakarta Monorail belum melunasi tiang-tiang monorel kepada PT Adhi Karya Tbk seharga Rp 190 miliar.


(dnl/dnl)