IPB Siap Ciptakan Rambutan Manis Tanpa Biji

Jakarta - Institut Pertanian Bogor (IPB) siap menciptakan varian terbaru buah rambutan. Direktur Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB Sobir menargetkan, 5 tahun ke depan masyarakat Indonesia bisa menyicipi buah rambutan tanpa biji.

"Bisa dibayangkan ada buah rambutan tanpa biji? Rambutan tidak berbiji ini 5 tahun ke depan sudah bisa kita bisa pasarkan. Saat ini research (penelitian) masih terus dilakukan," ungkap Sobir di acara Indonesia Fruit Summit 2013 di rumah makan kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (29/6/2013).


Sebelumnya, IPB juga sudah berhasil menciptakan buah pepaya mini yang diberi nama Pepaya California/Calina. Ukuran buah Pepaya Calina jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis Pepaya Bangkok.


Ditambahkan Sobir, dalam waktu dekat IPB juga siap mengeluarkan varian pepaya jenis terbaru yang jauh lebih kecil dan siap konsumsi yang diberi nama Pepaya Calishow.


"Kita fokus untuk menciptakan pepaya yang jauh lebih kecil lagi dan siap dikonsumsi dengan hanya disendok saja yang kita beri nama Pepaya Calishow," imbuhnya.


Tidak hanya itu, IPB juga saat ini sedang meneliti potensi jambu biji, namun tidak berbiji.


"Kalau dulu buah jambu biji yang berbiji itu repot makannya maka kami saat ini sedang meneliti jambu biji yang tidak berbiji," ujar Sobir.


(wij/dnl)