Ini 9 Tol yang Digarap Jasa Marga Tahun Ini

Jakarta - PT Jasa Marga Tbk saat sedang menggarap beberapa ruas jalan tol yang sebagian hampir selesai dan sebagian lagi masih tahap pembebasan lahan. Ada 9 ruas tol yang sedang digarap perseroan termasuk di Jawa dan luar Jawa.

Kepala Hubungan Masyarakat PT Jasa Marga Tbk, Wasta Gunadi menyebutkan dari 9 ruas tol tersebut, sebanyak 3 ruas tol di daerah Jawa Timur menghabiskan investasi paling besar.


"Di Jawa Timur itu paling tinggi investasi kita. Sekitar Rp 8 triliun, ruas tolnya Gempol-Pasuruan, Gempol-Pandaan, Surabaya-Mojokerto," kata Wasta kepada detikFinance di acara BUMN Innovation, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, Jumat (28/6/2013).


Selain itu ada 6 ruas tol lain yang sedang digarap perseroan antaralain ruas tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi Kedung Halang-Kedung Badak yang diperkirakan akan rampung tahun depan. Jasa Marga juga sedang merampungkan proyek tol JORR W 2 Kebon Jeruk-Ulujami.


"JORR W 2 Kebon Jeruk-Ulujami, seksi 1,2, 3 dari Kebon Jeruk-Ciledug akan selesai akhir tahun ini tanahnya sudah selesai. Ciledug Ulujami masih menunggu pembebasan lahan," kata Wasta.


Kemudian ruas Kunciran-Serpong dengan Kunciran-Cengkareng yang saat ini masih proses pembebasan lahan. "Yang jelas targetnya kalau selesai tanahnya itu bangunnya itu paling lama 2 tahun. Dengan catatan kalau tanahnya selesai semua, dan Semarang-Solo," lanjutnya.


Proyek tol terakhir adalah ruas tol atas laut Bali yang menghubungkan Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, yang akan dioperasikan pada bulan September tahun ini.


(zul/hen)