Dahlan Iskan Puji Presiden Vietnam Jago 'Jualan'

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku salut atas kunjungan Presiden Vietnam Truong Tan Sang ke Indonesia untuk meningkatkan kerjasama bisnis. Dahlan menilai sudah selayaknya seorang Presiden atau Kepala Negara melakukan hal tersebut.

"Semua begitu sekarang. negara yang pengen maju, presidennya sendiri harus jadi marketing. Presiden sekarang harus jualan," kata Dahlan kepada wartawan di Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta, Jumat (28/6/2013).


Langkah presiden tersebut, menurutnya sudah membuahkan hasil.Tampak delapan perusahaan BUMN tertarik untuk melakukan ekspansi.


Adapun 8 BUMN yang akan melakukan ekspansi tersebut adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Pupuk Indonesia, PT Telkom Tbk (TLKM), PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Kimia Farma Tbk (KAEF), Perum Bulog, dan PT Pertamina,


Khusus untuk Pertamina, Dahlan mengatakan Presiden Vietnam langsung meminta kepada pemerintah Indonesia untuk bekerja sama dengan National Oil Company (NOC) miliknya.


"Waktu ngomong berdua, presiden cerita Pertamina-nya Vietnam sudah kerjasama dengan Pertamina Malaysia, Petronas. Nah, presiden ingin Pertamina dan Pertamina Vietnam kerjasama. Kerjasama dalam segala bidang," sebutnya.


(ang/ang)