Hatta Rajasa: 2016 Kita Punya Monorel, 2017 Punya MRT

Jakarta - Pemerintah pusat mendorong Pemprov DKI untuk segera merealisasikan proyek transportasi baru, yaitu monorel dan mass rapid transit (MRT). Ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan di ibukota.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, saat ini jumlah pengguna kendaraan pribadi di Indonesia, khususnya ibukota makin meningkat. Terkait transportasi, ada 4 hal yang jadi fokus pemerintah.


"Pertama traffic movement yang semakin banyak, kedia risiko kecelakaan, ketiga tentunya konsumsi BBM yang meningkat, dan keempat effortibility masyarakat kita yang berkurang. Jadi 4 hal ini yang ingin dikurangi. Insya Allah di 2016 kita punya monorel dan 2017 kita punya MRT. Tapi tidak berhenti di situ," tutur Hatta saat menghadiri Mou Keikutsertaan Dalam Konsorsium Proyek Jakarta Monorail di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (29/6/2013).


Dalam acara yang juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) ini, Hatta mengatakan, dirinya berharap transportasi Jakarta di bawah kepemimpinan Jokowi akan terus berkembang.


"Saya mendukung Mou infrastruktur, karena Jakarta kota sejuta harapan. Jadi jangan ditambah beban birokrasi yang berbelit-belit, kita harus mengawal ini," kata Hatta.


Seperti diketahui, proyek monorel di Jakarta oleh PT Jakarta Monorail yang membangun tiang-tiang monorel terbengkalai akan dimulai Oktober 2013. Proyek MRT jalur bawah tanah Bundaran HI hingga Jalan Sisingamangaraja depan sekolah Al Azhar juga akan dimulai Oktober 2013.


(dnl/dnl)