Produsen Apel Terbesar di Dunia, China atau AS?

Jakarta - Di Indonesia, apel yang dikenal mungkin adalah apel Washington yang merah merona asal AS. Tapi siapa produsen apel terbesar di dunia saat ini?

Managing Director Sunpride Martin M. Widjaja mengatakan, produsen apel terbesar di dunia bukanlah AS, tapi China.


"China sudah melalui proses yang panjang menjadi negara produsen produk hortikultura terbesar di dunia. Saat ini China menjadi raja produsen apel terbesar di dunia mengalahkan Amerika Serikat," ungkap Martin di acara Indonesia Fruit Summit 2013 di Rumah Maroko Kawasan Menteng Jakarta, Sabtu (29/6/2013).


Dikatakan Martin, pada 2012, China berhasil memproduksi apel sebesar 35 juta ton, sedangkan AS hanya 5 juta ton. Padahal di 2010 produksi apel China masih 2 juta ton, sedangkan AS sudah mencapai 4 juta ton.


Keberhasilan China memproduksi apel dengan jumlah besar disebabkan dukungan pemerintah serta dukungan dana. "Dukungan pemerintah China sangat kuat di aspek penyediaan teknologi dan inovasi. China saat ini dapat mengontrol harga jus apel di dunia," imbuhnya.


Lalu bagaimana dengan apel Indonesia? Martin menuturkan produksi apel di Indonesia masih minim bahkan produksinya tidak stabil.


"Apel kita yang terkenal itu Apel Malang, produksinya kurang stabil," cetusnya.


(wij/dnl)