DKI akan Buat Terowongan Bawah Tanah Buat Tampung PKL di Bundaran HI-Monas

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana menyediakan tempat khusus untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) di Jakarta. Para PKL akan ditempatkan di terowongan bawah tanah sepanjang Bundaran HI ke Monas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) saat membuka acara Bogasari Expo 2013 di Plaza Barat Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (28/6/2013).


"Kita sedang melakukan studi untuk punya ruang bawah tanah dari HI ke Monas. Kita akan punya banyak ruang untuk UKM Expo tiap hari. Yang bayarnya harian. Saya sudah bilang juga ke bank untuk melakukan edisi harian," kata Ahok.


Ahok mengungkapkan, saat ini sedang dilakukan studi untuk proyek tersebut. Diperkirakan pada tahun 2014 akan mulai dibangun ruang bawah tanah untuk menampung para pedagang kaki lima tersebut.


"Kita tugaskan PT Jakpro (PT Jakarta Propertindo) dan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) untuk melakukan studi. 2014 sudah mulai dibangun. Dari monas sampai ke bundaran HI. Kita ingin mulai dari Monas dulu," kata Ahok.


"Selesai 2-3 tahun lah," katanya.


Ahok memastikan rencana ini akan sejalan dengan program pembangunan jaringan Mass Rapid Transit (MRT) untuk rute Bundaran HI-Kampung Bandan.


"Justru nanti yang nunggu MRT itu di belakangnya toko-toko," katanya.


(zul/hen)