Dahlan Iskan Goyang Tor-tor di Simalungun, Ada Apa?

Jakarta - Sejak malam tadi sampai siang ini, Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan kunjungan ke wilayah Sumatera Utara. Setelah semalam mengisi seminar wirausaha, siang ini Dahlan menari Tor-tor khas Sumut di Simalungun. Dalam rangka apa Pak?

Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi mengatakan, Dahlan ke Simalungun bersama TB Silalahi dan Cosmas Batubara untuk menghadiri acara Mar Haroan Bolon, atau acara gotong royong antara pemerintah dan masyarakat. Acara ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merupakan budaya asli Simalungun.


"Masyarakat yang hadir sekitar 15 ribu orang untuk melakukan pergelaran tari Tor-tor yang nanti akan memecahkan rekor Muri dengan katagori peserta terbanyak," kata Faisal kepada detikFinance, Sabtu (29/6/2013).


Dahlan yang mengenakan ulos dan penutup kepala khas Batak melakukan tarian Tor-tor bersama masyarakat di tengah sengatan matahari siang hari. Aksi Dahlan diikuti juga oleh TB Silalahi dan Bupati Simalungun JR Saragih.


"Saya sangat bangga dengan Pak Buati Simalungun yang harusnya berkari di tentara dan sudah pasti jadi jenderal, namun rela kembali ke kampung halaman untuk memajukan daerahnya. Apabila ibunda beliau ada di sini, akan saya cium kaki beliau, karena sudah melahirkan anak yang sebaik dan setulus ini," papar Dhalan.


"Selama saya keliling Sumut, baru kali ini ada pembangunan jalan 80 km lebih dilakuakn dalam waktu 1 tahun lebih, dilakukan oleh Bapak Bupati JR Saragih dari Pematang Raya ke Sei Mangkei," ucap Dahlan.


Dikatakan Dahlan, dia juga mengajak pegawai PT Perkebunan Nusantara (PTPN) di Sumut dalam acara gotong royong, membangun Simalungun, khususnya pengerasan jalan tembus Pematang Raya ke Sei Mangkei.


(dnl/dnl)