Hore...Tol Ungaran-Bawen Digratiskan 14 Hari Saat Lebaran

Jakarta - Ruas tol Ungaran-Bawen menjelang Lebaran nanti akan dioperasikan gratis alias tanpa dipungut biaya bagi pengendara yang menggunakannya. Tol yang memasuki tahap akhir konstruksi itu akan digratiskan selama 14 hari.

Kepala Humas PT Jasa Marga Wasta Gunadi mengatakan jumlah lalu lintas di dari Semarang menuju Solo via Ungaran sangat ramai, yang didominasi oleh truk-truk besar dan bus. Sebanyak 500 ribu kendaraan hilir mudik setiap harinya di jalur tersebut.


"Masalahnya di arterinya itu cukup macet. Bus truk itu cukup crowded. 500 ribu kendaraan tiap hari rata-rata," kata Wasta kepada detikFinance di acara BUMN Innovation Awards di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta, Jumat (28/6/2013).


Wasta mengatakan, untuk mengatasi membludaknya para pemudik nanti, jalan tol Ungaran-Bawen yang menghubungkan jalur Semarang menuju Solo akan dibuka gratis, meski belum 100% beroperasi secara fungsional.


"Semarang-Solo, Ungaran Bawen ini paling nanti H-7 sampai H+7 nanti, kita akan operasikan tanpa tarif tol, untuk membantu para pemudik," katanya.


Jalan tol sepanjang 11,7 km yang dioperasikan oleh anak usaha Jasa Marga yakni PT Trans Marga Jateng ini sudah bisa dilewati walaupun belum sempurna.


(zul/hen)