Gudang Garam Sebar Dividen Rp 1,3 Triliun ke Pemegang Saham

Kediri - PT Gudang Garam Tbk (GGRM) memutuskan membagi dividen kepada para pemegang sahamnya sebesar Rp 1,3 triliun, dari hasil laba perseroan tahun lalu yang mencapai Rp 4,09 triliun.

Demikian hasil rapat umum pemegang saham (RUPS) Gudang Garam yang diadakan di Hotel Grand Surya, Kediri, Sabtu (29/6/2013).


Lewat keputusan ini, berarti dividen untuk per lembar saham adalah Rp 800., menurun 20% dibanding tahun lalu Rp 1.000/lembar saham.


Menurut Direktur Gudang Garam Heru Budiman, penurunan nilai dividen tersebut akibat turunnya keuntungan perusahaan dari Rp 4,98 triliun di 2011, menjadi Rp 4,09 triliun di 2012.


"Penurunan ini disebabkan adanya beban pokok penjualan baik tinggi yang mengakibatkan rasio beban terhadap pendapatan semakin sempit," ungkap Heru Budiman.


Selain dividen, RUPS Gudang Garam juga memutuskan pengunduran diri Komisaris Independen Yudiono Muktiwidjojo, dan digantikan Frank Willem Van Gelder. Selain itu Ginawati salah satu direktur Perseroan Gudang Garam juga mengajukan pengunduran dirinya dari jabatannya.


(dnl/dnl)