Minta Pembangunan Monorel Tak Bikin Macet, Jokowi: Jangan di Kertas Saja

Jakarta - Rabu lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) telah resmi memberikan tugas pelaksanaan proyek monorel DKI Jakarta ke PT Jakarta Monorail. Jokowi ingin pembangunan monorel dirancang sedemikian mungkin sehingga tak bikin macet.

"Ini udah saya simulasi, sehingga pada saat sudah dimulai, jadi jangan dikertas saja. Tapi di lapangan juga dihitung supaya tidak macet. Ya saya sudah minta itu dihitung, di lapangan juga," tutur Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (29/6/2013).


PT Jakarta Monorail akan membangun kembali tiang-tiang monorel yang selama ini terbengkalai di ibukota. Rencananya pembangunan kembali proyek monorel ini akan dilakukan pada Oktober 2013.


Siang tadi, Jokowi baru saja menyaksikan penandatangan Mou keikutsertaan beberapa perusahaan dalam pembangunan monorel Jakarta. Ada beberapa perusahaan transportasi asing yang akan ikut menggarap proyek tersebut.


Ortus Holdings selaku investor utama di Jakarta Monorail melakukan penandatanganan kerjasama dengan sejumlah perusahaan transportasi asing tersebut untuk menggarap monorel Jakarta. Perusahaan asing tersebut antara lain:



  • Bangkok Mass Transportation System PCL of Thailand

  • Singapore Technology Electronics Limited and SMRT International Pte Ltd of Singapore

  • PT Indosat Tbk

  • Changchun Railways Vehicles Co. Limited

  • China Communications Construction Company Limited of China

  • TUV Rhineland Group of Germany


(dnl/dnl)