10 Kota akan Terkoneksi dengan Tol Trans Sumatera 2.700 Km

Jakarta - Jalan Tol Trans Sumatera yang saat ini dalam tahap persiapan pelaksanaan, akan menghubungkan 10 kota pusat pertumbuhan ekonomi, yaitu dari Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Tanjung Pinang, Lampung, Bengkulu dan Serang.

Total panjang jalan tol ini akan membentang sepanjang 2.700 km. Tahap pertama akan dibangun pada awal tahun 2013 dengan panjang 300 km.


Proses persiapan yang dilakukan selama 2012-2014 antara lain pembebasan lahan dan pengkajian besaran dana dukungan pemerintah atau Viabilty Gap Funding (VGF).


“Namun kalau proses tanahnya cepat selesai, bisa segera dibangun," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Danis H. Sumadilaga, seperti dikutip dari situs Kementerian PU, Minggu (24/2/2013)


Menurut Danis Dalam MP3EI pemerintah telah menetapkan empat koridor utama dan tiga koridor pendukung. Keempat koridor utama adalah Lampung-Palembang (358 km), Palembang-Pekanbaru (610 km), Pekanbaru-Medan (548 km) dan Medan-Banda Aceh (460 km). Sedangkan tiga koridor pendukung adalah jalan Palembang-Bengkulu (303 km), Pekanbaru-Padang (242 km), dan Medan-Sibolga (175 km).


"Dari keempat koridor utama, yang layak dibangun terlebih dahulu adalah ruas Lampung-Palembang dan ruas Pekanbaru Medan," katanya.


Proyek ini rencananya akan digarap oleh PT Hutama Karya, BUMN konstruksi ini menargetkan pada Maret 2013 telah mengerjakan proyek tol trans Sumatera. BUMN ini menyiapkan Rp 15 triliun untuk investasi pembangunan 3 ruas tol tahun ini.


"Rp 15 triliun belanja modal sumber dana dari PMN (penyertaan modal negara) dan pinjaman," tutur Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Ary Widiyantoro beberapa waktu lalu.


Dari investasi Rp 15 triliun itu, sebesar Rp 5 triliun bersumber dari PMN yang akan diajukan pada APBN-P 2013 oleh Kementerian BUMN dan sisanya dari pinjaman. Secara total hingga 2025, pembangunan ruas tol Trans Sumatera ini bakal mencapai Rp 360 triliun.


(hen/hen)