Agus Marto: Darmin Nasution Masih Pantas Jadi BI-1

Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai Gubernur Bank Indonesia (BI) saat ini, Darmin Nasution mampu bekerja sama dengan pihak Kementerian Keuangan. Bahkan, meski baru bekerja sama hampir 2 tahun, Agus Marto mengaku nyaman berkoordinasi dengan Darmin.

Demikian dikatakan Agus Marto menanggapi kandidat Gubernur BI yang akan disampaikan Presiden SBY ke DPR hari ini.


"Saya sangat nyaman kerja sama dengan Bank Indonesia selama ini dan Gubernur Bank Indonesia sebagai pimpinan Bank Indonesia juga adalah cerminan institusi BI. Jadi kalau nanti akan ada rencana pemilihan Gubernur BI, kami berkeyakinan bahwa Pak Darmin Nasution adalah salah satu kandidat yang perlu dipertimbangkan," ujar Agus Marto di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (22/2/2013).


Agus Marto mengharapkan untuk gubernur baru BI nanti, dirinya bisa bekerja sama sebaik-baiknya karena masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan bersama-sama, antara pihak Kemenkeu dan BI. Selain menyiapkan APBN, juga ada beberapa undang-undang terkait keuangan yang harus diselesaikan.


"Kita sama-sama meneruskan menjaga stabilitas sistem keuangan dengan koordinasi yang baik sebagai pengelola moneter kami lihat tantangannya sama banyaknya dengan riil sektor dan penglola fiskal. Ke depan kita coba untuk bisa selesaikan UU JPSK, kita juga akan menyelesaikan inisiatif revisi UU BI dan UU Perbankan, UU terkait sistem keuangan," paparnya.


Agus Marto yakin Presiden SBY sudah mempersiapkan nama-nama yang pantas menjadi Gubernur Bank Indonesia. Dia sendiri enggan berkomentar mengenai calon-calon yang namanya sudah digadang-gadangkan saat ini.


"Kami tentu mengetahui ada proses yang harus dilalui untuk Presiden menetapkan calon-calon yang harus ditetapkan DPR. Kalau jadwalnya minggu ini disampaikan, kami yakin presiden akan mempersiapkan itu," pungkasnya.


(nia/dru)