Agus Marto dan Darmin Nasution Hanya Tukar Tempat?

Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo ditunjuk Presiden SBY sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Darmin Nasution yang sebenarnya masih bisa dicalonkan.

Pengamat Ekonomi Faisal Basri menilai, Presiden SBY hanya menukar tempat Agus Marto dengan Darmin Nasution. Agus Marto dijadikan Gubernur BI, sementara Darmin Nasution menjadi Menteri Keuangan. Apa alasannya?


"Pak Darmin dan Agus itu dua pilar utama yang bukan dari partai. Mereka itu nanti tukaran tempat. Saya punya perasaan mereka tukaran tempat. Karena mereka punya integritas yang susah dicari. Darmin itu ilmu moneter, sedangkan Agus Marto itu businessman. Jadi kalau Sri Mulyani itu fiskal," kata Faisal di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Sabtu (23/2/2013).


"Pak Darmin orang lama di kemenkeu, jadi saat ini birokrasi yang dijalankan Pak Agus kurang jalan seperti pajak jebol lagi (tak capai target). Agus itu butuh tempat mapan secara organisasi," jelas Faisal.


Memang Darmin Nasution telah menjadi orang lama di Kemenkeu. Sebelum menjabat sebagai pimpinan di BI, Darmin merupakan Dirjen Pajak, dan sebelumnya Darmin juga pernah memimpin Bapepam.


Sementara Agus Marto telah lama berkecimpung di dunia perbankan nasional. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani pada 2010, Agus merupakan Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2005. Pria kelahiran Amsterdam 24 Januari 1956 ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Permata selama tiga tahun.


Namun keputusan siapa yang akan menggantikan Agus Marto sebagai Menteri Keuangan ada di tangan Presiden SBY.


(wij/dnl)