BEI Kejar Target 150 Emiten Baru Hingga 2017

Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) berambisi menambah 150 emiten hingga tahun 2017 mendatang. Hal itu dilakukan untuk bisa meningkatkan jumlah investor di pasar modal.

Pasalnya, saat ini investor di pasar modal masih sangat minim, kurang dari 1% dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 230 juta jiwa.


Menurutnya, sudah saatnya pasar modal menjadi target penanaman modal bagi investor. Untuk itu, kata Hoesen, pasar modal perlu menambah jumlah investor. Selain itu, otoritas juga perlu memperhatikan untuk bisa menambah supply di pasar modal.


“Indeks di Indonesia terlalu mahal, itu yang bikin susah investor masuk, salah satunya ya menambah supply di market. Yang paling penting menambah supply agar pasar likuid. Nambah supply dan nambah investor. Dua itu yang paling penting,” kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Hoesen usai pencatatan perdana saham, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (22/2/13).


Hoesen menambahkan, secara objektif pasar modal di Indonesia memang luar biasa terbukti dari pencapaian capital market yang saat ini sudah menembus angka 4400, jauh lebih tinggi dari tahun 2008 yang masih di angka 1000.


“Makanya kita target 30 emiten setiap tahunnya, walaupun tidak selalu terealisasi. Kalau investor dan emiten bertambah maka akan pasar akan tumbuh. Minimal investor di pasar modal bisa 1% dari jumlah penduduk. Menambah jumlah emiten beharap market cap nambah,” ujarnya.


(ang/ang)