Sepatu Impor China Dibuat Pakai Teknologi Canggih, Produk Cibaduyut Berbasis IKM

Jakarta - Beberapa produk sepatu impor dari China memang menunjukkan kualitas yang lebih baik daripada sepatu lokal, dari segi standar atau kenyamanan. Mengapa?

Seorang perajin dan juga penjual sepatu bermerek Inland asal Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat, Guntur P Fandi menjelaskan faktor teknologi yang lebih canggih menjadi kelebihan produk impor terutama dari China.


Menurutnya, di China, kebanyakan sepatu dibuat di pabrik, sedangkan di Indonesia masih sebatas industri kecil sehingga terkadang ada perbedaan standar, baik ukuran atau kualitas.


"Kalau dari segi kenyamanan memang produk mereka (impor) itu kan pabrikasi, dengan teknologi yang memadai. Kalau kita kan masih IKM (industri kecil dan menengah)," kata Guntur saat dihubungi detikFinance, Jumat (22/2/2013).


Selain itu, keterbatasan bahan baku pun menjadi faktor penentu variasi produk impor, khususnya untuk sepatu wanita, model dan aksesoris menjadi nilai utama dari produk sepatu tersebut.


"Untuk sepatu perempuan karena kalau kenyamanan saya rasa nomor dua, nomor satunya model, supaya modelnya menarik kan harus pakai aksesoris yang macam-macam. Sementara untuk di kita sendiri aksesoris kan impor," katanya.


"Jadi impor itu karena terdukung oleh aksesoris dan kita terbatas bahan baku," imbuhnya.


(zul/hen)