Harga Apartemen di Bawah Rp 600 Juta Paling Laris

Jakarta - Penjualan properti tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan sekitar 12-18%. Penjualan masih didominasi untuk penjualan rumah tinggal atau landed house (rumah tapak) dan apartemen (hunian vertikal).

Dari segmen pasar, harga apartemen di bawah Rp 600 juta selama ini paling dicari konsumen. Apartemen dengan harga di kisaran tersebut menguasai pasar hingga 70%.


"Perkembangan properti 2013 masih dikuasai penjualan rumah tinggal yang harganya Penjualan apartemen yang kurang dari Rp 500 juta per unit dan apartemen strata title yang harganya kurang dari Rp 600 juta per unit. Sebab, saat ini segmen pasar tersebut menguasai hampir 70% dari seluruh pasar apartemen strata title (milik)," kata CEO Binakarya Propetindo Grup (BPG) Go Hengky Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/2/2013)


Hengky mengatakan banyaknya populasi manusia yang membutuhkan tempat tinggal dan luasan tanah yang tidak bertambah maka otomatis yang paling memungkinkan untuk dikembangkan ke depan adalah jenis hunian yang tumbuh ke atas (vertikal) seperti apartemen.


"Ketersediaan tanah sudah makin terbatas, yang membuat landed house pasti semakin mahal dan sulit untuk dikembangkan," katanya.


Menurut Hengky, sekarang sudah saatnya bagi perusahaan pengembang properti dan bahkan seluruh masyarakat untuk mulai beralih dari landed house ke hunian vertikal.


Ia menuturkan tren pembangunan apartemen saat ini adalah wilayah selatan menuju Utara Jakarta. Wilayah Utara masih akan terus tumbuh, selain masih banyaknya ketersediaan lahan dibanding dengan pusat kota. Wilayah utara Jakarta saat ini juga perkembangannya sangat pesat.


Hengky mencontohkan kawasan Pluit yang saat ini telah menjelma menjadi kawasan elit serta memiliki aksesibilitas tinggi dikarenakan kedekatannya dengan akses tol bandara maupun tol dalam kota dan lingkar luar.


"Wilayah Jakarta Utara makin mudah aksesibilitasnya. Selain jalan tol, transportasi umum seperti busway juga telah efektif menjangkau kawasan ini. Oleh karena itu, peminat kawasan ini makin tinggi," katanya.


Pluit Sea View


Ia menjelaskan terkait proyek perseroan, yaitu Pluit Sea View khususnya untuk dua tower tahap pertama yaitu tower Maldives dan tower Belize sudah hamper habis terjual. Saat ini pihaknya sedang melakukan test market terhadap tower ketiga yaitu tower Ibiza yang ternyata juga mendapatkan respon positif dari masyarakat.


Pluit Sea View tahap pertama yaitu tower Maldives sudah dipesan hingga 90% dari total 800 an unit yang ada dalam kurun waktu kurang dari 9 bulan semenjak diperkenalkan ke masyarakat. Sedangkan tahap kedua yaitu tower Belize sudah dipesan 80% dari total 300 unit.Pihaknya fokus mempersiapkan peluncuran tahap ketiga yaitu tower Ibiza.


Ia beralasan tingginya minat masyarakat terhadap tower Maldives dan Belize dikarenakan adanya berbagai keuntungan yang didapat dengan berinvestasi di Pluit Sea View. Selain mendapatkan manfaat dari meningkatnya nilai investasi properti Pluit Sea View yang cepat, masyarakat juga dapat menikmati kualitas lingkungan dan kenyamanan terbaik disini.


Sejak masa awal tes market Pluit Sea View yaitu tower Maldives sebagai tahap pertama hingga sekarang, nilai investasi sudah meningkat pada kisaran 10%-15% dalam waktu kurang dari 12 bulan.


(hen/hen)