Harga Daging Sapi Masih Tinggi, Diprediksi Tembus Rp 120.000/Kg

Jakarta - Harga komoditi daging sapi saat ini masih belum menunjukkan penurunan. Untuk daerah di DKI Jakarta, harga daging sapi masih berkisar di angka Rp 90-95 ribu/kg.

Ketua Komite Daging Sapi DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengungkapkan, jika tak segera diantisipasi dikhawatirkan harga ini akan terus melonjak. Terlebih harga tersebut diperkirakan akan menembus Rp 120.000/kg pada bulan puasa dan lebaran nanti.


"Perkembangan harga saat ini belum ada perubahan signifikan. Masih stabil tinggi. Kalau tidak menjelang lebaran nanti harga ini bisa mencapai Rp 120.000 nantinya. Karena tahun lalu saja masih Rp 120.000," ujar Sarman kepada detikFinance, Minggu (14/4/2013).


Dikatakan Sarman, hingga saat ini belum ada langkah konkrit dari pemerintah untuk menyelesaikan persoalan ini. Khusus untuk daerah di DKI Jakarta, Sarman mengatakan, kebutuhan daging semakin tinggi, pihaknya mengusulkan agar adanya kuota khusus daging sapi sebanyak 50.000 ton untuk DKI Jakarta.


"Kami belum melihat ada tanda-tanda pemerintah untuk kepastian penambahan kuota. Kami sampai saat ini masih belum melihat langkah dari Gubernur yang 50.000 ton itu untuk Jakarta," tegas Sarman.


Kebutuhan daging sapi di Jakarta sendiri masih belum tercukupi. Jika masalah ini terus berlarut-larut, dikahawtirkan dampak yang semakin serius akan dialami oleh sektor-sektor yang banyak memerlukan daging sapi sebagai bahan bakunya.


"Kebutuhan Jakarta itu sekitar 50 ribu ton. Itu untuk kebutuhan sapi olahan, Horeka (Hotel resturan dan katering) dan UKM kita warteg, warung padang, bakso itu kan semua butuh daging, belum lagi tingkat konsumsi dari turis-turis kita kan 4 juta orang yang datang ke jakarta itu per tahun," papar Sarman.


(zul/dru)