Mengintip Stasiun Kereta Bandara Pertama RI Medan-Kuala Namu


img

Jakarta - Bandara Kuala Namu dipastikan menjadi airport pertama di Indonesia yang terkoneksi dengan jaringan kereta bandara. Bandara Kuala Namu mengalahkan Bandara Soekarno-Hatta untuk urusan fasilitas prasarana layanan kereta ke bandara.

Kereta Bandara Kuala Namu terhubung dari Medan ke Kuala Namu berjarak 29 km. Proyek kereta ini digarap oleh PT Railink yang merupakan perusahaan patungan antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Angkasa Pura II, masing-masing kepemilikan saham 60% dan 40%. PT Railink akan fokus mengurus kereta-kereta bandara yang dioperasikan oleh PT Angkasa Pura II.


Dikatakan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan, Stasiun Medan sudah siap untuk mengoperasikan kereta Bandara Kuala Namu yang rencananya bakal beroperasi September tahun ini.


"Stasiun Medan sudah siap tinggal menunggu pengoperasian Bandara Kuala Namu. Stasiun Medan dipugar untuk melayani penumpang pesawat terbang sehingga disesuaikan dengan kualitas Bandara Kuala Namu," tutur Jonan kepada detikFinance, Senin (15/4/2013).


Seperti apa sih fasilitas kereta bandara tersebut? Yuk simak di sini: