Aksi Borong Jelang Penutupan Bawa IHSG Menguat 30 Poin

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 30 poin berkat aksi borong saham jelang penutupan perdagangan. Aksi beli banyak dilakukan investor lokal.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di posisi Rp 11.750 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelum Lebaran di Rp 11.565 per dolar AS.


Mengawali perdagangan pagi tadi, IHSG melemah 12,575 poin (0,25%) level 5.076,227. Indeks dan rupiah sama-sama melemah membuka perdagangan perdana setelah Lebaran. Maraknya sentimen negatif jadi penyebabnya.


Indeks sulit bergerak ke atas gara-gara aksi jual yang sudah cukup ramai sejak pembukaan perdagangan. Namun munculnya aksi beli selektif menyelamatkan IHSG dari zona merah.


Pada penutupan perdagangan Sesi I, IHSG naik tipis 1,920 poin (0,04%) ke level 5.090,722. Indeks bergerak datar setelah pagi tadi sempat melemah. Pergerakan indeks masih tertahan oleh sentimen negatif dari dunia internasional.


Indeks sektoral di lantai bursa bergerak variatif, beberapa ada yang masih di zona merah gara-gara kena aksi jual. Saham-saham tambang malah naik cukup tinggi di antara sektor lainnya.


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi Juli 2014 sebesar 0,93% secara bulanan. Sementara secara tahunan sebanyak 4,53%.Next


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!