Ekonomi RI Melambat, Bagaimana Nasib Orang Miskin?

Jakarta -Pertumbuhan ekonomi terus menunjukkan perlambatan sejak 2013. Terakhir, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2014 hanya sebesar 5,12%, terendah sejak 2009.

Menteri Keuangan Chatib Basri menilai kondisi tersebut akan memberikan dampak terhadap upaya pengurangan pengangguran dan kemiskinan. Ini karena perlambatan ekonomi menunjukkan semakin terbatasnya lapangan kerja.


"Growth yang melambat selalu punya impact ke lapangan kerja. Kemudian berlanjut ke angka pengangguran dan kemiskinan," kata Chatib di Gedung Djuanda, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (5/8/2014).


Meski ekonomi melambat, lanjut Chatib, ada kabar gembira yaitu sampai saat ini inflasi masih relatif terkendali. Masyarakat miskin biasanya sangat sensitif terhadap perubahan harga.


"Berita bagusnya, inflasi sekarang kan lebih baik. Jadi inline dengan target APBN-P, dan bahkan lebih rendah," tuturnya.


Oleh karena itu, Chatib menilai dampak perlambatan ekonomi bisa diredam melalui pengendalian inflasi. "Tetap ada bertambah (kemiskinan), tapi tidak akan signifikan," ujarnya.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!