Mandiri Sekuritas:

Jakarta -Pasar saham AS bergerak melemah, seiring turunnya sebagian besar saham di sembilan sektor bursa Paman Sam. Pelemahan dialami oleh indeks Dow Jones Industrial Avg sebesar -0,42% dan indeks S&P500 sebesar -0,29%.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh konflik di Gaza, Irak dan Suriah yang tak kunjung mereda. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 sebesar -0,44% dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang terkoreksi -0,08% pada perdagangan pagi ini.


Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak mixed. Harga minyak mentah WTI turun -0,33% ke level US$97,88 per barel. Sedangkan harga emas Comex menguat +0,97% ke posisi US$1.294,80 per troy ounce.


Dari dalam negeri, investor menanti rilis data inflasi dan neraca perdagangan Indonesia yang akan diumumkan oleh Biro Pusat Statistik (BPS). Di sisi lain, kinerja semester I perusahaan tercatat (emiten) di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga masih menjadi fokus perhatian pasar.


Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indeks memasuki fase konsolidasi menyusul jenuh beli. Indeks berpotensi melemah dan menyentuh support terdekat di level 5.018. Hari ini Indeks akan bergerak mixed to down, dan berada di kisaran support 4.998 dan resistance 5.132.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!