September, Pemerintah Panggil Para Calon Konsultan Pembangunan Kilang

Jakarta -September mendatang, pemerintah akan mulai memanggil pihak-pihak yang berminat menjadi konsultan untuk pembangunan kilang di Indonesia. Ini menindaklanjuti upaya yang dilakukan awal tahun ini, di mana pemerintah menemui sejumlah investor kilang potensial di Singapura.

"Nanti itu September kita targetkan stop launching. Artinya, kita memanggil pihak-pihak yang berminat," ungkap Bambang Brodjonegoro, Wakil Menteri Keuangan, ketika ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (7/8/2014).


Saat ini, lanjut Bambang, pemerintah tengah mempersiapkan dokumen untuk konsultan internasional. "Sedang kita pilih supaya dokumen lelangnya juga berkelas internasional lah," ujarnya.


Namun, Bambang tidak menyebutkan konsultan mana saja yang tertarik. "Saya tidak tahu. Masa saya ikuti siapa-siapa yang ikut?" tuturnya.


Awal tahun ini, Bambang bersama Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo menemui sejumlah investor di Singapura terkait rencana pembangunan kilang di Indonesia. Saat itu, Bambang mengatakan ada sekitar 30 investor yang ditemui pemerintah.


"Yang konsultasi itu empat dari Jepang dan satu BP (British Petroleum/Inggris). Satu lagi saya lupa apa negaranya," ungkap Bambang pada 14 Februari 2014.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!